Tanya Dokter

  • Dampak negatif kopi saat sedang promil

  •  Dya Mumud
    Anggota
    dok, izin bertanya kalau lg promil dan setiap hari suami mengkonsumsi kopi 2 gelas apakah ada dampak negatif dari kopi dgn kualitas sperma dok saat menjalani promil?

    Halo Dya, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Memiliki buah hati merupakan dambaan bagi setiap pasangan yang telah menikah. Namun, untuk mendapatkan hal tersebut diperlukan upaya untuk menjaga kesehatan tubuh agar program hamil berjalan optimal. Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein yang disukai oleh sebagian besar orang. Kafein ini menimbulkan rasa ketergantungan bagi tubuh, sehingga tidak jarang sebagian orang menjadi ketergantungan dengan kopi. Akan tetapi, kafein tetap dapat dikonsumsi dengan aman selama dosisnya < 200-300 mg/harinya.

    Terdapat salah satu laporan yang memfokuskan pada hubungan antara kopi/konsumsi kafein dengan infertilitas pria, dimana variabel yang diteliti adalah sperma, kerusakan DNA sperma, dan waktu kehamilan. Pada laporan tersebut, didapatkan hasil bahwa (pada sebagian besar penelitian) jumlah dan kualitas sperma tidak dipengaruhi oleh konsumsi kafein, terutama kafein dari kopi, teh, atau minuman cocoa. Namun, terdapat beberapa penelitian yang mengajukan hipotesis bahwa terdapat efek negatif terhadap sperma (jumlah, volume, dan konsentrasi) pada minuman cola atau minuman ringan yang mengandung kafein lainnya. Sedangkan, terdapat juga penelitian yang mengaitkan kerusakan DNA sperma (aneuploid) dengan intake kafein, dan terakhir minum kopi tidak berkaitan dengan perpanjangan waktu kehamilan pada beberapa penelitian.  

    Berdasarkan jurnal tersebut, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengungkapkan keterkaitan antara kerusakan DNA sperma dengan intake kafein. Namun, untuk berjaga-jaga, disarankan agar suami Anda membatasi konsumsi kafein setidaknya kurang dari 1 gelas perhari dan berkonsultasi dengan dokter untuk program hamil yang lebih optimal.

    Anda juga dapat membaca mengenai program hamil dan dampak kopi disini.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Sonia L