Tanya Dokter

  • Dampak pada janin jika digigit lebah pada saat hamil

  • Dok mau nanya aq ibu hamil dgn uk 24mggu smalam aq digigit lebah dan setelah itu mncul kemerahan dan bengkak, paginya kondisi badan mlai gak fit dan nyeri sendi. Apakah akn berdampak pada janin yg saya kandung dok, krna stau sya lebah it berracun.

    Halo,   Apa Anda memiliki alergi terhadap sengatan lebah? Jika Anda tidak memiliki alergi sengatan lebah maka kondisi Anda  dan janin Anda seharusnya tidak bermasalah. Walaupun sengat lebah beracun, namun penyebab bengkak dan kemerahan yang timbul adalah diakibatkan reaksi alergi dan peradangan akibat sengatan tersebut. Jika Anda memiliki alergi sengatan lebah maka kondisi Anda bisa memburuk seperti rasa tebal di lidah, sulit bernafas, sesak, sakit perut dan diare yang bisa berbahaya bagi kandungan Anda. Jika timbul gejala diatas sebaiknya  Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan Anda dan bayi dalam kondisi sehat. Timbulnya kemerahan pada bekas sengatan lebah  bisa Anda atasi dengan :

    1. pemberian kompres es pada tempat yang bengkak dan merah.
    2. Meminum obat antihistamin dan anti nyeri yang aman untuk kehamilan Anda seperti paracetamol dan cetirizin/ loratadin.
    3. Perbanyak minum air putih.
    4. Amati keaktifan gerak bayi Anda, jika bayi menjadi terlalu aktif atau terlalu tenang segera periksakan diri ke dokter.
    Baca artikel Sengatan lebah. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi