Tanya Dokter

  • Dampak yang ditimbulkan oleh asap rokok

  •  alfin27
    Anggota

    Sore dok, saya ingin bertanya.. kira-kira berapa persenkah kemungkinan perokok dapat terkena masalah pada paru-paru bila di lihat melalui:

    Berapa usia sudah mulai merokok

    Berapa lama sudah merokok

    Jumlah rokok (batang/bungkus) yang di konsumsi per harinya

    berada di lingkungan yang terpapar asap rokok

    lingkungan keluarga yang merokok

    Halo alfin27, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah pada paru. Beberapa penyakit paru yang meningkat risikonya bila seseorang merokok antara lain:

    1. kanker paru
    2. penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
    3. asma
    4. infeksi paru seperti pneumonia, tuberkulosis, dan influenza

     

    Semakin muda seseorang mulai merokok, semakin tinggi risikonya menderita penyakit-penyakit paru tersebut, terutama bila merokok dimulai sebelum usia 16-17 tahun. Merokok di bawah usia tersebut dapat mempengaruhi perkembangan paru serta merusak materi genetik sel-sel paru sehingga lebih mudah terkena kanker dan penyakit paru lainnya.

    Orang yang merokok memiliki risiko terkena kanker paru 15-30 kali lebih besar dari orang yang tidak merokok. Risiko terkena kanker paru akan meningkat 10 kali pada seseorang yang merokok 10 batang per hari, 20 kali pada seseorang yang merokok 20 batang per hari, dan seterusnya. Semakin lama orang tersebut merokok, semakin tinggi pula risikonya terkena kanker paru. Orang yang memiliki pajanan asap rokok (seconhand smoker) juga memiliki risiko terkena kanker paru lebih tinggi (20-30% lebih tinggi) dari orang yang tidak terpajan asap rokok sama sekali.

    Orang yang merokok memiliki risiko terkena PPOK 13 kali lebih tinggi dari orang yang tidak merokok. Sama dengan risiko terkena kanker paru, risiko terkena PPOK akan meningkat bila jumlah rokok yang dihisap per hari semakin banyak, merokok dalam waktu yang lebih lama, serta mulai merokok dalam usia yang lebih muda.

    Meskipun merokok tidak secara langsung menyebabkan asma dan infeksi paru, namun merokok dapat menyebabkan seseorang yang sudah memiliki asma menjadi sering mengalami serangan asma akut. Risiko terjadinya infeksi paru pada perokok juga dapat meningkat karena efek dari rokok yang merusak sel-sel di sepanjang saluran nafas yang berfungsi sebagai pelindung saluran nafas.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia