Tanya Dokter

  • Penyebab darah beku

  •  dell2
    Anggota

    dok, mau nanya nih.

    waktu saya kelas 6 SD, saya pernah di tabrak lari dan terkena betis kiri saya.

    saya umur 18 thun skrg, waktu d tabrak betis saya luka, dan tidak lama kemudian bengkak, tapi saya pikir bengkak biasa, jadi saya diemin selama 7 tahun ini, pas kemarin di urut, sakitnya masih terasa dan rada keras gitu dok, itu kenapa yah dok?

    Halo Dell, terimakasih telah bertanya di Alodokter

    Hematom atau dalam bahasa awam disebut darah beku atau memar, sebenarnya merupakan penumpukan darah di bawah lapisan kulit akibat pecahnya pembuluh darah di area tersebut akibat benturan. Umumnya hematom menimbulkan gejala pembengkakan, nyeri, hingga perubahan warna kulit, mulai dari kemerahan, keunguan, kebiruan, hingga kekuningan dan memudar. 

    Hematom tidak memerlukan penanganan medis khusus dan akan menghilang dengan sendirinya dalam 3-7 hari (bisa lebih cepat atau lambat, tergantung dari ukurannya). Adapun anjuran yang bisa Anda lakukan ketika mengalami hematom adalah :

    • kompres dingin di area hematom selama 10-15 menit sebanyak 3-4 kali sehari
    • oleskan salep khusus untuk meredakan hematom
    • hindari mengurut area yang mengalami hematom
    • untuk meringankan rasa nyeri, konsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol

    Kondisi yang Anda alami besar kemungkinan bukan hematom. Rasa nyeri tidak selalu menandakan keberadaan kondisi abnormal. Pembuluh darah, otot, dan saraf bisa menjadi struktur yang menghantarkan nyeri bila mengalami trauma, termasuk saat mengurut dengan penekanan yang keras. Bila Anda ingin memastikan penyebab keluhan Anda, tidak ada salahnya memeriksakan diri secara langsung ke dokter. 

    Semoga bermanfaat ya

    dr. Lili