Tanya Dokter

  • Perlukah amputasi pada kaki yang alami hematoma ?

  •  dell2
    Anggota

    dok, apa besar kemungkinan kalau kaki yang darahnya sudah beku akibat kecelakaan di amputasi? tolong berikan jawaban detail ya, Dok.

    karna saya sangat takut. trimakasih

    dell2  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo dell2,

    Amputasi pada tubuh seperti pada kaki dilakukan atas indikasi seperti jika pada kecelakaan bagian kaki tersebut sudah tidak bisa dilakukan perbaikan jaringan akibat tulang atau bagian tubuh hancur. Rusaknya pembuluh darah besar sehingga perfusi jaringan kaki tidak bisa dipertahankan yang dapat membuat jaringan kaki mati.

    Jika pembuluh darah pecah akibat benturan seperti pada permukaan kaki (disebut hematom) tetapi perfusi jaringan lainnya baik maka tidak perlu dilakukan amputasi. Jika mengalami kecelakaan dan kaki bagian bawah menjadi kebiruan atau kehitaman serta tidak teraba adanya denyutan atau sulit digerakkan maka perlu segera dilakukan pemeriksaan untuk menilai kondisi kaki sebelum terlambat.

    Darah beku atau trombus dapat menjadi penyumbat aliran darah sehingga jika terjadi dapat membuat aliran oksigen pada jaringan menjadi terhambat dan jika tidak diobati dapat menimbulkan kemaian jaringan. Jika terjadi sumbatan pada pembuluh darah vena dapat menimbulkan penumpukan cairan dan pembengkakan.

    Untuk itu periksakan diri pada dokter untuk menilai kondisi yang Anda alami. dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang seperti pemeriksaan rontgen, USG doppler, ataupun pemindaian lain untuk menilai kondisi yang dialami dan menentukan penanganan selanjutnya.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.