Tanya Dokter

  • Perbedaan darah haid dengan darah implantasi

  •  anndi123
    Anggota
    dok jadi tgl 31 okt saya berhubungan dgn istri saya tetapi tdk kluar didalam dan tdk menggunakan kondom, setelah tgl 14 nov istri saya keluar darah haid coklat, memang haid bulan lalu juga tgl 14, lha darah itu darah haid atau darah implantasi dok

    Hai anndi123,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Secara kasat mata, darah implantasi dan darah menstruasi tidak bisa dibedakan dengan jelas. Namun, jika darah yang keluar dari jalan lahir istri Anda cukup deras layaknya menstruasi, berlangsung lebih dari 2 hari, dan disertai kram perut seperti saat menstruasi, maka kemungkinan yang ia alami bukanlah perdarahan implantasi, melainkan darah menstruasi biasa. Berbeda dari anggapan banyak orang, darah implantasi memang tidak selalu akan dialami oleh wanita yang hamil. Kebanyakan wanita yang hamil normal justru tidak mengalami perdarahan apapun selama kehamilannya.

    Akan tetapi, jika volume darahnya sangat sedikit sekali, berlangsung selama 1-2 hari saja, dan tanpa disertai kram perut hebat, maka ada kemungkinan perdarahan tersebut disebabkan oleh implantasi. Meski sangat kecil kemungkinannya, berhubungan seksual dengan ejakulasi di luar vagina tanpa menggunakan kondom masih berpotensi menyebabkan kehamilan. Karena, menurut beberapa literatur, cairan precum (cairan yang keluar sebelum pria ejakulasi) masih mungkin mengandung sperma walaupun sedikit.

    Karenanya, jika Anda dan istri memang berniat menunda kehamilan, sebaiknya Anda berdua memiliki cara yang lebih terbukti efektifitasnya, misalnya dengan menggunakan alat kontrasepsi. Ada berbagai pilihan yang bisa Anda berdua gunakan, mulai dari kondom, IUD, hingga kontrasepsi hormonal seperti pil KB, KB suntik, KB susuk, dan sebagainya. Konsultasikan langsung dengan istri dan dokter Anda terkait metode kontrasepsi terbaik.

     

    Artikel berikut mungkin berguna bagi Anda:

    Implantation bleeding

    Can I get pregnant if I have sex without penetration?

    Memilih kontrasepsi

     

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah