Tanya Dokter

  • Perbedaan darah haid dan darah implantasi

  •  N Fauziyah
    Anggota
    selamat malam dokter, saya ziya umur 24 tahun saya menikah pada tanggal 15 september 2017, pada bulan sept saya haid tgl 19-25 sept 2017 dan saya berhubungan dengan suami saya tgl 31 sept 2017. saya sering merasa pusing dok, dan terasa kram dibperut bawah sebelah kiri, pada tanggal 06 november 2017 saya haid lagi dok, padahal baru 10 hari, darah haid saya berbeda dengan darah biasanya, warnanya lebih terang dan hanya berlangsung 3 hari, rasa kramnya juga tidak seperti haid saya biasanya, siklus haid saya 30-35 hari dok, kadang kalo kecapean bisa lebih mundur, saya tidak memakai alat kontrasepsi, saya juga sudah cek melalui USG, rahim saya dinyatakan bersih tidak ada kista, saya USG pada tgl 05 sept 2017. saya serinf cari tau di internet mengenai darah implantasi, bahwa darah implantasi sangat sedikit, hanya 1 tetes saja, sedang yang saya alami, beberapa tetes dan berlangsung 3 hari, saya blm melakukan test pack dok, karena menurut saya terlalu cepat pertanyaan saya dok, apakah yang saya alami termasuk darah implantasi ?? pertayaan ke 2 apakah ada kasus perempuan mengalami darah implantasi dalam jumblah banyak ?? itu saja pertanyaan saya dok mohonn dijawab sebelumnya terimakasih dokter

    Hai N,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perdarahan implantasi (flek kehamilan) adalah perdarahan yang disebabkan oleh robekan pembuluh darah rahim saat janin mengalami implantasi (tertanam di dinding rahim). Berbeda dari anggapan banyak orang, perdarahan implantasi hanya ditemui pada sangat sedikit wanita hamil. Jauh lebih banyak justru wanita yang tidak mengalami flek apapun selama kehamilannya.

    Terkadang, sulit membedakan perdarahan implantasi dengan perdarahan yang disebabkan oleh menstruasi biasa hanya berdasarkan karakteristik darahnya saja. Namun, umumnya, perdarahan implantasi memiliki ciri berikut:

    • Volumenya sangat sedikit, hanya 1-2 tetes saja
    • Durasinya sangat singkat, hanya 1-2 hari saja
    • Tidak disertai kram perut hebat sebagaimana menstruasi biasa

    Jika dinilai dari pemeriksaan obyektif, perdarahan implantasi tentu akan disertai hasil testpack dan USG yang positif. Jika hasil USG Anda tidak menunjukkan tanda kehamilan, yakni adanya kantung kehamilan atau nampak fetus di dalam rahim, maka artinya yang Anda alami bukanlah perdarahan implantasi, melainkan hanya menstruasi biasa.

    Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan yang memeriksa Anda.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah