Tanya Dokter

  • darah haid berwarna gelap apakah efek samping menggunakan kb suntik?

  •  noviratna
    Anggota

    selamat pagi dok, saya baru menikah 6 bln yg lalu, tanggal 6 juli yg lalu saya untuk pertama kali melakukan kb suntik pada hari ke-3 haid saya dan saya selesai haid tgl 11.. kemudian saya tgl 16-21 pulang ke kampung halaman saya dan hb dgn suami saya secara rutin.. tanggal 26 juli saya haid lagi padahal siklus saya 21 hari. dgn darah haid berwarna cokelat pekat selama 4 hari dan kemudian hanya flek cokelat saja hinggal tgl 1 agustus kemarin.. apakah itu normal? atau ada gejala penyakit lain? sebelum tgl 6 juli itu saya terlambat haid selama 4 hari dan saat haid tgl 16 sangat banyak keluarnya.. terima kasih dok.. saya tunggu jawabannya..

    Halo,   Pada penggunaan KB suntik memang akan timbul beberapa efek yang masih bisa dikategorikan normal yakni :

    1. awal 3 bulan pertama penggunaan KB suntik biasanya siklus menjadi sedikit tidak teratur atau terjadi flek/ spotting, hal ini dikarenakan proses adaptasi tubuh dengan hormonal Anda.
    2. Anda mungkin saja tidak mendapatkan haid pada penggunaan KB Suntik 3 bulanan. Ini adalah normal selama Anda tidak pernah telat menyuntik KB sesuai jadwal yang dianjurkan.
    3. Penambahan berat badan.
    Jadi jika membaca keluhan Anda maka hal yang Anda alami bisa jadi disebabkan karena penggunaan KB suntik Anda saat ini. Kami menyarankan agar Anda melakukan observasi terlebih dahulu selama 3 bulan saat menggunakan KB suntik tersebut, jika setelah 3 bulan keluhan Anda semakin parah atau ada keluhan lain seperti pendarahan terus menerus, nyeri perut yang kuat, keputihan berbau dlll maka segera hubungi dokter kandungan terdekat Anda. Baca topik KB suntik.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi