Tanya Dokter

  • Darah haid berwarna hitam, apakah berbahaya?

  • Salam tim dokter, Riwayat saya adalah divonis PCOS oleh dokter 2tahun belakangan,awal pernikahan sampai bulan februari 2017 haid masih teratur, warna darah merah segar. Lalu saya berobat alternatif meminum obat herbal, lalu terlambat datang bulan dr bulan juli-september, saya kira hamil ternyata setelah periksa ke dokter bukan hamil,lalu saya hanya diberi obat asam folat dan september saya keluar darah sperti haid hanya sedikit selama 2 hari, lalu berhenti bersih. Bulan oktober 2017 saya sama sekali tdk haid akan tetapi terasa mulas, lalu tgl 4-5nov kemarin keluar satu garis coklat samar, saya meminum obat pelancar haid, lalu hari ini keluar darah hitam pekat, kental dan hanya sedikit. Apakah ini berbahaya atau tanda lainnya? Mohon tanggapannya segera?? Terimakasih dok, Regrads.

    Halo Niessa.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, darah menstruasi yang berwarna hitam dapat saja dikatakan normal. Kondisi ini salah satunya dapat disebabkan karena darah menstruasi sudah berusia lebih lama tidak dikeluarkan dari tubuh dengan cepat.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, darah menstruasi yang berwarna hitam juga dapat disebabkan oleh : keguguran, rahim yang Meregang ketika kehamilan dan tidak kembali ke ukuran aslinya, aliran darah menstruasi dari rahim ke vagina terhambat atau terhalang, menopause, dan lain sebagainya.

    Sebenarnya yang lebih kita fokuskan adalah kepada sindrom ovarium polikistik / PCOS, yang Anda alami. PCOS sendiri merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Kondisi ini menyebabkan hormon wanita yang menderita PCOS menjadi tidak seimbang karena hal - hal yang tidak diketahui.

    Kami menyarankan kepada Anda untuk tidak mengonsumsi obat - obatan alternatif, dan kembali lagi menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan pemeriksaan kembali, sehingga dokter dapat memberikan perencanaan penanganan yang tepat untuk Anda.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    PCOS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati