Tanya Dokter

  • penyebab darah haid menggumpal ketika menstruasi

  •  nur
    Anggota

    Dok maaf saya mau bertanya hari ini hari ketiga saya haid, saya juga agak terlambat dapet haid (35 hari) tadi siang saya merasa agak sakit bagian perut tpi saya kira itu magh karna saya juga lagi sakit, tapi saya kaget saat mau mandi saya melihat darah haidnya menggumpal lumayan banyak dan saya baru mengalaminya pantes saya rasa bnyak sekali darah yg keluar sampai tembus ke celana.. Itu sebabnya apa ya dok? Apakah berbahaya?

    Halo, Gumpalan darah yang keluar pada saat menstruasi dapat disebabkan oleh banyak faktor. Ketika darah haid keluar dalam jumlah yang banyak terkadang darah terlanjur menggumpal sebelum sempat diproses. Namun selain hal tersebut, terdapat kondisi medis yang menyebabkan gumpalan darah dan volume haid yang bertambah seperti misalnya :

    1. Fibroid pada rahim
    2. Gangguan tiroid
    3. Ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron
    4. Ukuran rahim yang besar
    5. Endometriosis
    6. Polip rahim
    dan lain-lain Nyeri pada perut yang dirasakan dapat saja diakibatkan oleh kontraksi dinding otot rahim untuk mengeluarkan darah tersebut namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika diperlukan untuk mengurangi rasa nyeri, Anda dapat menggunakan kompres hangat pada perut atau mengkonsumsi paracetamol. Temui dokter jika Anda mengalami haid dalam jumlah banyak secara berkepanjangan,  nyeri perut yang tidak tertahankan, pusing berkunang-kunang dan lelah yang berlebihan untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Di bawah ini terdapat sekumpulan artikel yang sekiranya dapat bermanfaat : Menstruasi Mewaspadai menstruasi Nyeri haid Penyebab Nyeri Haid   Salam, dr.Debby Phanggestu