Tanya Dokter

  • Darah haid menggumpal

  •  Serra Puspita
    Anggota
    Hallo dok.. Saya Serra, saya mau tanya. Haid bulan sebelumnya saya seminggu lebih cepat, darah haid tidak sebanyak biasanya & cuma 2 hari, 3 hari sisanya cuma flek, hari ke 3 sempat bersih tapi malamnya flek lagi. Bulan ini harusnya saya haid di tgl 1 Nov karena siklus normal saya 30 hari. Tapi sampai tgl 4 belum juga haid, tanggal 5 haid normal, tanggal 6 sore keluar gumpalan darah yg agak banyak dari biasanya berwarna merah hati kehitaman mirip kaya nutrijel coklat. Kram perut normal, tapi terjadi seharian dari tanggal 5 sampai tanggal 6 pagi & tanggal 5 malamnya bagian perut kanan dan kiri bergantian sakit nyut2an kaya ada yg narik2 di dalem tapi cuma sepintas gitu. Apakah itu masih normal dok? Khawatirnya takut keguguran dini, tapi semoga bukan. Makasih dok...

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Darah menggumpal yang keluar saat haid atau menstruasi biasanya terjadi saat perdarahan sedang banyak, biasanya hari pertama sampai hari kedua atau ketiga. Hal ini dikarenakan darah yang keluar terlalu banyak atau cepat, sementara antikoagulan (penghambat pembekuan darah) dalam tubuh belum bekerja sempurna. Adanya gumpalan darah, membuat darah haid menjadi lebih pekat dan kental dari biasanya. Darah juga bisa berubah warna menjadi cokelat gelap atau kehitaman karena darah yang berumur lebih tua tersendat saat hendak dikeluarkan.

    Jika gumpalan darah haid terlihat berlebihan dan keluar lebih dari seperempat jumlah darah menstruasi, sebaiknya segera memeriksan diri ke dokter untuk mencari penyebabnya. Sementara keguguran yang Anda maksud, adalah keluarnya embrio secara spontan dari dalam kandungan sebelum usia 20 minggu kehamilan. Jadi tidak mungkin Anda mengalami keguguran jika tidak dalam kondisi hamil. 

    Nyeri perut atau kram perut juga wajar terjadi saat menstruasi. Hal ini disebabkan kontraksi rahim yang menekan pembuluh darah disekitarnya sehingga mengganggu pasokan oksigen. Jika memang nyeri terus bertambah dan tidak berkurang dengan beristirahat, sebaiknya hal ini juga diperiksakan ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di:

    • https://www.alodokter.com/jadi-paham-soal-masalah-darah-menstruasi-setelah-baca-ini
    • https://www.alodokter.com/keguguran

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.