Tanya Dokter

  • Keluar flek coklat, menstruasi atau darah implantasi?

  • Selamat pagi dok. HPHT saya 30 September 2017. Sejak menikah dengan suami, jadwal menstruasi saya jadi tidak teratur. dari siklus 28 hari bisa jadi siklus 45 hari. Saya menggunakan 2 aplikasi jadwal menstruasi dan estimasi tanggal haid dari 2 aplikasi itu berbeda 3 hari (yang satu tanggal 3 Nov, yang satunya tanggal 6 Nov). sejak 25 oktober, saya seperti ada flek sampai hari ini, awalnya warnanya coklat muda, lalu jadi merah muda yang dibarengi lendir yang seperti putih telur, terkadang juga hanya darah coklat. sedangkan saat saya pakai pantyliner dan softex, sering seharian tidak ada apa2, atau hanya flek sebesar koin 100 rupiah saja. Itu haid atau darah implantasi ya dok? Terimakasih sebelumnya!

    Hallo Guinevere,

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

    Setelah menikah tidak jarang beberapa wanita mengalami perubahan siklus menstruasi yang disebabkan adanya perubahan hormon setelah menikah. Adanya flek yang berwarana coklat muda, lalu jadi merah muda yang dibarengi lendir sebelum masa menstruasi dapat menjadi tanda keduanya. 

    Beberapa wanita mengalami flek sebelum masa menstruasi dapat berupa flek coklat atau bercak darah yang berlangsung satu atau dua hari. Ini merupakan hal yang normal. Namun flek bercak ini juga bisa merupakan tanda awal hamil. Biasanya flek masa implantasi muncul ketika janin menempelkan dirinya ke dinding rahim untuk pertumbuhan selanjutnya setelah pembuahan. Sehingga keduanya memiliki kemungkinan terjadi. Disarankan anda menunggu jika flek berubah menjadi darah dalam jumlah banyak berati bukan merupakan sebuah flek namun menstruasi. Jika hingga masa menstruasi anda tak kunjung datang coba cek menggunakan test pack 1 mgg setelah lewatnya jadwal siklus menstruasi anda. Jika menghasilkan tanda positif berati anda hamil. 

    Namun jika flek sering tidak tentu dan juga terus menerus disarankan anda memeriksakan diri pada dokter atau dokter kandungan. Dokter kandungan akan memeriksa kondisi fisik anda dan jika dibutuhkan melakukan pemeriksaan penujang berupa USG untuk mengetahui keadaan anda secara pasti.

    Anda dapat membaca artikel terkait Tanda-tanda hamil, Flek sebelum menstruasi.

    Semoga membantu dan bermanfaat,

    dr. Uswatun