Tanya Dokter

  • Mengatasi peningkatan sel darah putih pasca melahirkan

  •  Chacha Mine
    Anggota
    Apakah pasca melahirkan sel darah putih bisa meningkat lebih banyak dari darah merah sehingga bisa menyebabkan kematian?? Dan bagaimana cara mengatasi agar sel darah putih tidak bisa melebihi darah merah.?? Makasih...

    Halo, Chaca. Sel darah putih atau leukosit merupakan sel darah yang berfungsi sebagai tentara tubuh Terdapat tiga jenis sel darah: sel darah merah yang membawa oksigen, platelet(trombosit) yang membuat darah dapat membeku, serta sel darah putih (leukosit) yang membantu tubuh memerangi infeksi. Setiap jenis sel darah putih tersebut memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh. Peningkatan jenis sel darah putih pada manusia disebut juga dengan leukositosis. Leukositosis adalah situasi saat seseorang memproduksi sel darah putih lebih banyak dari kadar normal. Umumnya, orang dewasa yang memiliki lebih dari 11.000 sel darah putih atau leukosit dalam tiap mikroliter darah sudah dikategorikan tinggi.Untuk menentukan sel darah putih tinggi atau tidak harus dengan pemeriksaan laboratorium.

    Jadi tidak bisa dibandingkan antara sel darah merah dan sel darah putih karena indikatornya pun berbeda. Sel darah putih ini akan meningkat pada keadaan tubuh berperang melawan penyakit seperti sakit, terkena infeksi, sehabis melahirkan, operasi. Pada saat baru melahirkan maka normal bila terdapat sedikit peningkatan sel darah putih. Namun harus diperhatikan apabila peningkatan terlalu tinggi karena hal ini akan menandakan terdapat infeksi pada ibu baru melahirkan. Dan biasanya diikuti dengan gejala seperti demam dan nyeri. Apabila sel darah putih meingkat maka harus diobati dengan antibiotik. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda mengenai hasil laboratorium Anda.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S