Tanya Dokter

  • Tekanan darah rendah dan lemas

  •  mei lani
    Anggota

    dok makanan atau buah apa yang bisa menormalkan tekanan darah?tekana darah saya 100/55,,kemudian saya muntah muntah terus dan perut saya sakit. padahal makannya cuman satu sendok, tapi langsung muntah,,badan saya sampai lemas dok. 

    Halo,

    Tekanan darah yang normal untuk orang berusia lebih dari 17 tahun adalah 110/70 mmHg. Sedangkan tekanan darah, disebut rendah bila dibawah 90/60 mmHg. Tekanan darah yang rendah yang merupakan kondisi sakit, biasanya disertai gejala. Gejala tekanan darah rendah adalah pusing, mual, hilang keseimbangan, dada terasa berdebar-debar kadang disertai sesak nafas, pandangan buram dan wajah pucat serta ujung tangan dan kaki terasa dingin. Keluhan tersebut muncul karena aliran darah menuju organ-organ vital melambat dan menyebabkan oksigen serta nutrisi melambat juga masuk ke organ.

    Sebenarnya tekanan darah seseorang berubah-ubah sepanjang hari. Beberapa penyebab perubahan tekanan darah misalnya aktivitas fisik, kondisi cuaca, kondisi kekurangan cairan, dan suasana perasaan. Perlu juga diingat, tekanan darah hasilnya bisa berubah-ubah dipengaruhi oleh alat pemeriksa yang digunakan, teknik pemeriksaan tekanan darah, dan kondisi medis pasien.

    Bila memilih melakukan pemeriksaan tekanan darah mandiri, pastikan dalam kondisi duduk, tidak berbicara dan sudah menenangkan diri selama minimal 5 menit serta tidak sedang menahan buang air kecil/buang air besar.

    Memang ada kondisi medis dengan tekanan darah rendah/hipotensi seperti pada orang lanjut usia yang terlalu cepat melakukan perubahan posisi (misal dari tiduran lalu berdiri), berdiri dalam waktu yang lama, kekurangan cairan tubuh karena diare/muntah dengan frekuensi lebih dari 7x, perdarahan hebat, efek samping pengobatan tertentu, anemia, kelainan kadar hormon tertentu, kelainan saraf, penyakit jantung, reaksi alergi berat dan infeksi berat yang mengenai seluruh organ tubuh.

    Dari keluhan yang Anda tuliskan, mungkin keluhan tekanan darah yang rendah disertai lemas disebabkan oleh muntah-muntah. Mungkin tubuh Anda mengalami kekurangan cairan/dehidrasi. Sebaiknya segera periksakan diri ke Dokter untuk mendapatkan pertolongan segera.

    Dokter akan melakukan pemeriksaan medis menyeluruh untuk memastikan kondisi medis Anda. Bila diperlukan Dokter akan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, rekam jantung dan beberapa pemeriksaan penunjang lainnya. Penanganan kondisi dehidrasi mungkin akan diberikan Dokter untuk memperbaiki keluhan lemas.

    Coba lakukan penanganan pertama di rumah, sebagai berikut : 

    • Segera konsumsi oralit. Perhatikan cara pembuatan oralit dan jumlah oralit yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Oralit mengandung elektrolit yang hilang ketika Anda mutah.
    • Kompres hangat area perut Anda untuk mengurangi nyeri.
    • Hisap permen jahe atau minum sedikit-sedikit air jahe untuk mengurangi mual dan muntah.
    • Pastikan Anda beristirahat dengan cukup, terutama di malam hari (anjuran waktu tidur manusia dewasa 8 jam per hari)
    • Konsumsi makanan Bergizi Seimbang dalam porsi kecil namun sering. Konsumsi makanan yang Anda sukai dahulu, boleh menyamil buah/biskuit/roti/kue. Bila tidak ada makanan yang dapat Anda telan, fokus untuk mengkonsumsi oralit terlebih dulu.

     

    Baca lebih lengkap mengenai Hipotensi/Darah Rendah dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.