Tanya Dokter

  • Penyebab keluar flek darah terus menerus

  • Dok. Saya mau tanya. Sya kan datang bulan tapi masih dalam bentuk flek di celana. keesok harinya udah nggak ada saya kira nggak jadi datang bulan. Jadi saya buat berhubungan intim dengan suami tapi kok keluar lagi darah haid nya besok paginya. Tapi tetap sama dalam bentukk flek. Mulai sejak itu sampai sekarang haid nya masih dalam bentuk flek kira2 udah 4 hari. Faktor saya memakai kb atau berhubungan intim tadi? Trus bahaya nggak buat rahim saya? Dan bagaimana solosinya?

    Selamat siang,

    Menstruasi adalah proses normal yang terjadi pada wanita. Selama siklus ini diatur oleh hormon reproduksi, yaitu hormon estrogen dan progesteron. Siklus ini diawali dengan penebalan dari dinding rahim yang dipersiapkan untuk terjadi nya kehamilan. Setelah itu indung telur akan mengeluarkan sel telur matang yang siap dibuahi oleh sel sperma sehat di dalam rahim. Jika tidak terjadi pembuahan, maka dinding rahim yang telah dipersiapkan sebelum nya akan dilepaskan dan akan bersiap untuk memulai siklus yang baru

    Pada pemakaian KB, terutama yang menggunakan hormon (suntik KB), maka salah satu efek samping nya adalah menstruasi yang tidak teratur (dapat banyak, atau bahkan berhenti), jadi sebelum nya harus jelas terlebih dahulu pilihan KB apa yang Anda gunakan saat ini. Jika memang Anda merasa tidak nyaman karena siklus menstruasi dan gejala menstruasi yang berbeda dari biasanya (mungkin karena efek obat), Anda dapat berkonsultasi kembali dengan dokter kandungan, sehingga dapat dilakukan penggalian informasi yang lebih jauh mengenai siklus menstruasi Anda, sehingga dapat diberikan saran metode kontrasepsi yang sesuai dengan keadaan Anda.

    Selain itu faktor berhubungan intim juga dapat berpengaruh, penetrasi penis ke dalam vagina, serta sperma yang keluar, dapat merangsang rahim untuk sedikit berkontraksi. dari kontraksi tersebut jika memang sedang dalam masa haid (beberapa hari setelah selesai haid) maka dapat keluar flek sisa-sisa darah yang keluar akibat kontraksi tersebut.

    Sekian informasi dari Saya, semoga bermanfaat

    dr.Anthony