Tanya Dokter

  • daya tahan tubuh setelah operasi

  • apakah setelah operasi pengangkatan rahim, daya tahan tubuh mama saya akan menurun drastis? dalam jangka pendek maupun jangka panjang? tolong dijawab dok, terima kasih

    Halo Yosephine......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, operasi pengangkatan rahim dalam dunia medis dikenal sebagai histerektomi. Operasi pengangkatan rahim direkomendasikan untuk wanita yang mengidap penyakit tertentu dan sudah menjalani berbagai perawatan medis, namun kondisinya tidak kunjung membaik.

    Umumnya seseorang yang sudah diangkat rahimnya tidak akan terganggu daya tahan tubuh ( operasi pengangkatan rahim tidak menjadi salah satu penyebab penurunan daya tahan tubuh ). Akan tetapi penderita haruslah selalu melakukan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh selalu dalam kondisi yang prima.

    Berikut ini beberapa tips pola hidup sehat yang dapat mama Anda lakukan, untuk selalu menjaga daya tahan tubuh tetap prima, diantaranya adalah : makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, hindari tubuh dalam kondisi kelelahan yang sangat, kelola stress psikologis, perbanyak makan buah dan sayur, stop merokok dan menjauhi asap rokok, jangan minum minuman keras, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati