Tanya Dokter

  • Demam berdarah atau tifus?

  • Selamat sore dok, badan saya panas sudah 3 hari, nyeri punggung, batuk, badan linu, pinggang bawah terasa linu sekali, pusing dan juga menggigil.

    Saya sudah ke dokter katanya ini terkena tifus, ketika minum obat dari dokter tersebut tidak ada reaksi apa-apa dan malah tidak bisa tidur 2 hari itu karena sakit kepala yang sangat nyeri dan punggung bagian bawah yang nyeri.

    Yang saya tanyakan apakah saya terkena demam berdarah atau tifus karena di kaki dan tangan saya ada bintik-bintik merah tapi tidak terlalu banyak. Dan hari ini hari ke 5, badan saya lemas sekali kepala juga terasa sempoyongan. Apakah saya harus periksa darah untuk mengetahui lebih lanjut penyakit saya?

    Hai,   Demam bisa disebabkan banyak faktor seperti :

    1. Infeksi virus = flu, DBD, chikungunya, dll
    2. Infeksi bakteri = pneumonia, thypoid, dll
    3. Diare disertai dehidrasi
    4. Terjemur panas terlalu lama
    5. Gangguan tiroid
    6. ISK
    7. dll
    Untuk mengetahui apakah Anda mengalami DBD / tifus maka pemeriksaan fisik dan tes medis seperti tes darah , tes urin dll. Jika keluhan Anda masih berlanjut bahkan saat obat yang diberikan dokter sudah Anda konsumsi maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan kembali ke dokter yang merawat Anda dan melakukan beberapa tes medis untuk mendukung diagnosa penyakit Anda. Bintik bintik merah pada kaki Anda perlu diperiksakan secara seksama, jika bintik merah tersebut tidak menghilang dengan penekanan / peregangan kulit maka kemungkinan Anda mengalami tanda gejala perdarahan yang bisa diakibatkan oleh infeksi dengue. Segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan perawatan lanjutan. Perbanyak konsumsi air putih, makan gizi seimbang dan istirahat cukup serta minum obat pereda nyeri akan membantu mengurangi gejala keluhan Anda. Baca topik DBD. Semoga membantu.   dr. Yusi