Tanya Dokter

  • Mengatasi dekubitus, bisakah dengan perawatan dirumah?

  • dok, sepertinya ayah saya sakit dekubitus stadium 4

    beberapa lalu bagian punggung sakit, memerah, luka saya, setelah diobati, dipastikan bersih selalu akhirnya mengering lukanya. namun, beberapa hari ini lukanya bergesr kesebahnya dan mulai luka parah, bernanah, dan sepertinya kemaluannya juga demikian, kira-kira apa perlu dibawa kerumah sakit ? atau cukup diobati dirumah ?

    Hai Ibu Siti.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Ulkus dekubitus merupakan kerusakan kulit dan jaringan dibawah kulit yang disebabkan karena adanya tekanan. Terutama tekanan yang besar atau tekanan dalam jangka waktu lama. Ulkus dekubitus biasa terjadi pada orang- orang yang mengalami penyakit yang butuh pemulihan lama sehingga penderita harus berbaring dalam jangka waktu lama atau duduk di kursi roda. Daerah yang biasanya terkena ialah daerah punggung, pinggang, pantat, bahu, belakang kepala, dan tumit.

    Ada 4 derajat ulkus dekubitus:

    • derajat 1: kulit masih utuh, kemerahan, terasa keras atau gatal
    • derajat 2: mulai mengenai lapisan kulit yang lebih dalam dan tampak seperti luka lepuh atau luka terbuka
    • derajat 3: kerusakan terjadi pada lapisan kulit hingga lapisan lemak
    • derajat 4: kerusakan atau luka mengenai kulit hingga otot dan saraf di bawahnya, bisa diikuti dengan kematian jaringan disekitar luka, dan rentan terkena infeksi bila tak ditangani.

    Baiknya bawa ayah anda ke dokter karena luka telah disertai nanah dan meluasm karena infeksi pada ulkus dekubitus dapat menyebabkan infeksi. Selain itu baiknya juga ditangani bila ayah anda memiliki penyakit dasar lainnya yang menyebabkan ayah anda harus berbaring lama ditempat tidur (diabetes, stroke, patah tulang, atau yang lainnya). Juga dokter akan mengajarkan untuk merubah posisi ayah anda ke kiri dan ke kanan sehingga tidak terjadi penekanan yang terus- menerus di satu tempat, juga dapat disarankan penggunaan kasur dekubitus. Selain itu dapat diberikana pengobatan berupa antibiotik, anti nyeri, dll serta perawatan luka secara steril dan rutin.

    Pastikan tetap menjaga kebersihan daerah yang luka, rawat luka setiap hari, makan makanan yang bergizi untuk membantu proses penyembuhan luka.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti