Tanya Dokter

  • Demam tinggi, kadar leukosit rendah dan trombosit normal

  •  Dex Cahyani
    Anggota

    Malam dok, umur sya 23 th.. Kmren sma hri ini pnas sya ga turun" , suhu bdan 39,8.. Iseng cek lab, leukositny rendah 3,0 , dan trombosit normal 218... Apa penyebabnya dok ? Perlu pengobatan kusus ?

    Dex Cahyani  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Dex Cahyani, Demam merupakan gejala yang memiliki banyak kemungkinan penyebab, mulai dari infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi parasit, terlalu lama terpapar matahari, radang sendi ataupun penyebab lainnya. Demam sendiri ditandai dengan peningkatan suhu diatas 37,5 derajat celsius. Untuk mengetahui penyebab demam, selain melakukan wawancara mengenai gejala lain yang timbul dan pemeriksaan fisik, dokter juga akan meminta pemeriksaan penunjang yang diperlukan salah satunya adalah pemeriksaan darah. Pemeriksaan darah sendiri yang rutin dinilai adalah leukosit, trombosit, hematokrit, dan hemoglobin. Selain menilai komponen darah, pemeriksaan fisik juga bisa digunakan untuk pemeriksaan yang lebih spesifik untuk mencari tahu penyebab suatu penyakit seperti pemeriksaan serologi ataupun pemeriksaan antibodi terhadap suatu penyakit. Salah satu komponen yang diperiksa pada hitung sel darah adalah leukosit. Leukosit dapat meningkat, normal ataupun kurang jumlahnya. Pada kadar leukosit atau sel darah putih yang turun dapat disebabkan beberapa penyebab seperti:

    • Infeksi virus
    • Obat-obatan yang memengaruhi sumsum tulang atau kerusakan sel darah putih
    • Infeksi parah yang menyebabkan habisnya sel darah putih
    • Kanker atau penyakit lain yang memengaruhi sumsum tulang
    Cukup beristirahat, perbanyak asupan cairan, dan gunakan obat pereda demam seperti ibuprofen atau parasetamol untuk mengatasi gejala. Jika dalam 3 hari tidak ada perubahan sebaiknya dilakukan pemeriksaan ulang ataupun pemeriksaan penunjang lain yang diperlukan untuk mencari tahu penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.