Tanya Dokter

  • Demam

  • Dok.selamat malam.. Saya demam.seperti biasanya klo demam bagian telinga terasa lebih menggigil klo tidak ditutupi di banding bagian tubuh yang lain. Kenapa ya dok? Trima kasih

    Halo,

    Menggigil merupakan suatu kondisi dimana otot-otot tubuh mengalami kontraksi berulang dengan tujuan untuk meningkatkan suhu tubuh. Biasanya menggigil merupakan gejala awal dari demam. 

    Mengapa telinga terasa lebih dingin, mungkin disebabkan oleh aliran darah ke ujung-ujung jaringan telinga relatif lebih lambat sehingga terjadi penurunan suhu yang lebih dulu, sebelum terjadi demam

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh lebih dari 37,9 derajat Celcius, yang merupakan reaksi tubuh untuk melawan peradangan dan infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

    Anda dapat mengatasi demam dengan lebih banyak beristirahat, berendam dalam air hangat, menggunakan pakaian longgar, berada dalam ruangan yang nyaman dan suhunya tidak terlalu dingin. Bila badan terasa pegal dan sakit kepala yang tidak tertahankan, Anda boleh mengkonsumsi Parasetamol. Konsumsi makanan Bergizi Seimbang. Bila terasa mual atau tidak nafsu makan, Anda boleh mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering. Konsumsi air minum dalam jumlah yang cukup.

    Bila dalam 3 hari, keluhan demam Anda tidak membaik sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter.

    Dokter akan melakukan pemeriksaan medis terdiri dari tanya jawab mendetail berhubungan keluhan Anda, memeriksa riwayat kesehatan terdahulu dan pemeriksaan fisik yang cermat. Bila diperlukan pemeriksaan penunjang lain tes darah, untuk menyingkirkan kondisi medis yang lebih serius.

    Anda dapat membacamengenai Demam dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

     

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda. Salam sehat, dr Caecilia Haryu Aryapti.