Tanya Dokter

  • Demam naik turun selama 3 hari

  • Dok, org trdekat saya sudah 3 hari demam, panasnya naik turun trus selama 3 hari ini, dia bilang kepalanya sakit sekali, badannya pada nyeri,matanya merah, 2 hari gk buang air besar, baru hari ini bisa buang air besar, kita sudah berobat ke dokter katanya hy demam biasa tp sudah 3 hari klw gk ada perubahan ya dok, tdnya saya kira demam biasa, krn sebelum sakit dy 1 harian main bola kaki. Kira2 itu gejala apa ya dok..?

    Ratih Fj Latief  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Ratih, Ada beberapa kondisi yang umum menyebabkan timbulnya demam tanpa tanda lokal (batuk pilek, nyeri telan, dahak, sesak, nyeri perut, nyeri telinga, kemerahan/luka pada kulit, nyeri BAk dsb) dan tanpa ruam: 1. Demam berdarah dengue demam tinggi mendadak 2-7 hari, kontinu, biasa turun pada hari 4-5, sakit kepala dan nyeri sendi, mual muntah, nyeri ulu hati, tanda perdarahan seperti bintik merah di kulit, mimisan, gusi berdarah, BAB hitam seperti petis 2. Demam tifoid / tifus sering disertai demam naik turun, terutama tinggi di malam hari, seringkali disertai mual, muntah, dan konstipasi ataupun diare, lidah kotor, dan tampak sakit/lemah 3. Malaria 4. Infeksi saluran kemih / ISK (pada beberapa kasus dapat tidak disertai keluhan berkemih, terutama pada anak) 5. Demam yang berhubungan dengan HIV 6. keganasan dan gangguan metabolik seperti hipertiroid Ada baiknya anda kembali memeriksakan diri ke dokter, karena setelah 3 hari demam belum reda, maka diperlukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahuinya. Dokter mungkin akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium darah dengan apusan darah tepi serta serologik terhadap kuman tifoid , pemeriksaan urin (jika dicurigai karena ISK), pemeriksaan malaria (jika ada indikasi ke sana). Pengobatan akan sangat tergantung dari penyebabnya. Antibiotik digunakan bila demam disebabkan/dicurigai disebabkan infeksi bakteri. beebrapa hal yang penting dilakukan di rumah : 1. Istirahat cukup dan makan makana bergizi 2. Jika mual , makanlah dalam porsi kecil tapi sering 3. Banyak minum untuk menjaga hidrasi dan mencegah dehidrasi 4. Kompreslah dengan air hangat 5. Anda dapat menggunakan parasetamol untuk membantu menurunkan demam. Ibuprofen dan aspirin dapat digunakan tetapi tidak boleh pada demam berdarah. Aspirin tidak boleh dipakai pada anak karena dapat menyebabkan sindroma reye \baca pula : penyebab demam pengobatan demam demikian yang dapat saya sampaikan. semoga bermanfaat    

    Ratih Fj Latief  Ratih Fj Latief
    Anggota

    Dok, ini uda hari ke enam, demamnya masih jg naik turun, obt yg dikasih dokter memang tdk diminumnya lagi, sebab jantung slalu brdegub selesai minum obt, demamnya naik disaat malam, nafsu makan brkurang, setiap makan slalu muntah, kepala masih mendenyut, perut keras, pdhal bab sudah normal, tanda bintik2 merah di badan tdk ditemui, yg seperti itu gejala apa ya dok..?

    Ratih Fj Latief  dr. Rico N
    Dokter

    Pola demam yang anda ceritakan, demam naik turun, tapi saat turun tidak sampai normal, tinggi di malam hari,  disertai gejala saluran cerna seperti tidak nafsu makan, mual muntah, sakit perut, sempat konstipasi sebetulnya cukup mengarah ke gangguan karena infeksi kuman tifoid (tifus), meskipun demikian, masih terdapat beebrapa diagnosa banding lainnya seperti yang saya sampaikan di atas. Saya kira karena sudah masuk hari ke 6, dan gejala masih bertahan maka sudah waktunya untuk dilakukan investigasi lebih lanjut seperti melakukan pemeriksaan lab darah, hapusan darah tepi dan hitung jenis serta uji serologis tertentu. Sebaiknya anda kembali membawa pasien mengunjungi dokter, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan ulang dan dokter dapat memilih pemeriksaan penunjang yang sesuai. Demikian yang dpat saya sampaikan. semoga bermanfaat.    

    Ratih Fj Latief  Vani Yesica
    Anggota

    Dok saya mau nanya nih knp yah kok saya tadi siang badan saya dingin bener kepala pusing nah pas malam demam nya tinggi sebeb nya apa yah dok

    Ratih Fj Latief  Cecedevii
    Anggota

    Dok, saya ini kira-kira sakit apa ya? Selama 3hari ini saya itu kadang pusing kepala, badan saya hangat sekali kalo di pagi atau sore dan malem. Tetapi kalo siang saya gak demam dok, kadang kalo saya demam ini semua kaki saya lemes letih lesu kalau berjalan Bantu saya ya dok

    Dok, Saya demam sudah 2 hari, ada bintik merah dan bentol, badan terkadang nyilu, perut sakit, dan belum bab selama 4 hari. itu kenapa ya dok?

    Ratih Fj Latief  Destriana Nur
    Anggota

    Dok saya mau nanya ko adek saya panas ga turun turun tapi kalau makan suka muntah dan radang tenggorokan kira kira penyakit apa ya dok..??

    Dok, saya udh 4 hri in bdan saya panas dok, perut kmbung, badan panas d mlam hari, siang hari mnurun, terasa mngantuk, batuk pilek, dan mulut terasa pahit, bgaimana mnurut dokter,,

    Anak saya bayi umur 5 bulan udh 2 hari demam nya prtma d cek suhu ny 38.5 😥.. Saya kasi obt pnurun panas trus mlm ny udh agak turun jadi 36.2 .. Trus pagi nya naik jadi 37.2 smpe skrg mshh ttp.. Brpa batas normal suhu nya ya dok.. Apa kh sdah baikan atau hrus d tngani lebih lanjut lagi??