Tanya Dokter

  • Tanda jika demam berdarah sudah membaik

  • Maap dok saya mau tanya Kalau tanda penyakit demam berdarah sudah rada membaik itu ky gmna.

    Hai Iip Abdurrohim. Demam berdarah merupakan suatu infeksi virus dengue yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti. Faktor resiko dari kondisi ini adalah adanya orang sekitar yang menderita kasus serupa, banyaknya genangan air di sekitar lingkungan tempat tinggal dan aktivitas. Gejala dari demam berdarah ini paling utama adalah demam dimana dapat disertai gejala lain seperti nyeri otot, nyeri kepala, dan nyeri perut. Demam berdarah ini sendiri menyebabkan penurunan kadar trombosit (sel pembekuan darah) sehingga rentan terhadap perdarahan dalam bentuk mimisan, gusi berdarah, ruam pada tubuh (petekie) yang dalam keadaan parah dapat menyebabkan syok sampai hilang kesadaran. Penanganan utama dari kondisi ini adalah cairan dan penurun demam berupa paracetamol. 

    Tanda dari membaiknya kondisi demam berdarah yakni, gejala klinis yang membaik, adanya peningkatan dari trombosit serta 24 jam bebas demam tanpa penurun panas.  

    Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang dialami agar mendapatkan penanganan yang tepat terutama dalam mencegah syok hipovolemik akibat perdarahan. Jaga asupan cairan, istirahat dan konsumsi makanan gizi seimbang untuk membantu. Tutup penampungan air, gunakan repellant atau kelambu. Berikut mengenai demam berdarah. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa