Tanya Dokter

  • Demam berdarah atau chikungunya?

  •  sari tirta
    Anggota

    Selamat pagi Dok, beberapa hari lalu saya terkena DBD dan sembuh karena di opname. Lalu teman saya merasakan hal yang sama seperti saya, panas naik turun, mual dan muntah pada hari pertama demam, nyeri pada tulang. Tetapi kalau teman saya itu nyeri pada tulang bagian kaki sehingga menyebabkan kaku, dia belum diperiksakan karena ada alasan tertentu. Kalo seperti itu penyakit apa ya Dok? Kalo memang demam berdarah atau chikungunya, cara mengatasi tanpa harus di opname seperti apa Dok? Terima kasih sebelumnya.

    Hai Sari tirta Untuk memastikan penyakit demam berdarah dengue (DBD) diperlukan pemeriksaan darah dan serologi virus dengue. Pada gejala antara chikungunya dan DBD dapat serupa, namun biasanya gejala nyeri otot pada chikungunya lebih hebat dan bertahan lama. Tidak semua DBD memerlukan perawatan di rumah sakit. Indikasi perawatan DBD antara lain:

    • Adanya tanda-tanda perdarahan disertai kekurangan cairan
    • Kadar trombosit darah dibawah 100.000 atau peningkatan kadar hematokrit darah
    • Adanya tanda-tanda syok.
    Informasi berikut mengenai chikungunya dan demam berdarah dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Chikungunya. Demam berdarah dengue (DBD). Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william