Tanya Dokter

  • Demam dan Bintik merah

  •  Merin Martini
    Anggota

    Dok. anak saya umur 12 tahun mengalami demam tinggi selama 4 hari rata-rata 39.5, di hari ke 3 bintik merah (ruam kulit) di seluruh wajah dan sebagian tubuh. sudah teks darah DBD hasil negatif. Batuk juga sangat keras dan satu rongga mulut mengalami sariawan (pedih jika terkena makanan dan minuman). Sakit apa ya dok kira-kira. sampai hari ini masih demam tinggi.

    Merin Martini  Merin Martini
    Anggota

    Tolong sekali ya Dok dijawab saya harus berbuat apa, karena anak saya sudah 2 hari menolak makan (saya rayu paling hanya bisa 2 sendok bubur).

    Halo,   Demam disertai bintik merah pada tubuh bisa diakibatkan karena :

    1. Demam dengue (DBD).
    2. Campak
    3. Morbili
    4. Rubella
    5. Roseola
    6. dll.
    Untuk mengetahui penyebabnya maka pemeriksaan fisik perlu dilakukan oleh ahli (dokter) secara langsung untuk melihat dan mengidentifikasi bintik merah tersebut. Jika anak Anda sulit makan sama sekali disertai demam tinggi yang tidak turun maka sebaiknya Anda membawa anak Anda ke RS untuk perawatan secara optimal.   Membiarkan anak Anda tidak mendapat asupan makanan dan minuman yang disertai demam tinggi bisa menyebabkan dehidrasi yang mengancam nyawa. Pemeriksaan seperti tes darah , tes urin dll mungkin diperlukan untuk menegtahui penyebab dari keluhan anak Anda. Namun dengan mengetahui oenyebabnya maka pengobatan secara optimal bisa diberikan untuk mencegah komplikasi lain ke depan. Pastikan anak Anda mendapat asupan cairan yang cukup agar demam bisa cepat turun dan terhindar dari dehidrasi, berikan makanan lembek atau jus buah yang sedikit encer agar dapat makan dengan baik walaupun terdapat sariawan, dan segera periksakan diri anak agar mendapat obat sariawan dan obat lain yang diperlukan. Baca topik Demam disertai bintik merah. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi