Tanya Dokter

  • Feses pucat yang dialami bayi

  •  Dirgarana
    Anggota

    Halo Dokter,
    Saya mau tanya anak saya laki-laki usia 3 bulan, 3 hari yang lalu divaksin Pneumokokus dan Rotavirus untuk pertama kalinya. 
    Saat ini demam tinggi 38.2 derajat, diare dan feses nya berwarna pucat.
    Apakah hal tersebut berbahaya? untuk demam dan diarenya saya pikir karena efek samping vaksinasi, tapi untuk feses pucatnya apakah juga karena efek samping? apakah berbahaya?
    Terima kasih dan mohon tanggapannya.

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Feses pucat yang dialami bayi Anda apakah masih berwarna kuning atau sama sekali tidak berwarna (pucat seperti dempul) karena memiliki penyebab yang berbeda. Feses normal berwarna kuning atau coklat dikarenakan adanya bilirubin yang diproduksi oleh hati dan disalurkan melalui saluran empedu. Jika produksi bilirubin berkurang atau adanya sumbatan pada saluran empedu maka feses menjadi tidak berwarna atau pucat seperti dempul. Biasanya juga diikuti dengan buang air kecil yang berwarna seperti teh serta dapat juga disertai dengan kulit kuning atau mata kuning. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh : 

    1. Sumbatan pada saluran empedu

    2. hepatitis

    3. pankreatitis

    4. radang pada saluran empedu

    Namun, jika masih berwarna kuning tapi agak pucat, maka biasanya diakibatkan oleh karena diare yang dialami atau karena infeksi pada usus. Anda sebaiknya memeriksakan bayi Anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan pada feses, dan USG jika diperlukan. Beberapa anjuran untuk Anda : 

    1. Anda dapat memberi obat penurun panas namun sesuaikan dengan dosis yang tertera

    2. Anda juga dapat memberikan kompres untuk membantu menurunkan panas

    3. ganti caian yang keluar lewat diare dengan menyusui bayi Anda lebih sering

    4. Jika bayi Anda terlihat lemas, tidak menangis, muncul darah pada diarenya, segera bawa ke doker. 

    Semoga membantu

    Salam, 

    dr.Angga