Tanya Dokter

  • demam dan sakit perut pada anak

  • Dok..anak saya sudah seminggu sakit..5hari yang lalu demam. Sekarang sudah tidak demam tetapi mengeluh sakit perut krna selama demam tidak bab sama sekali..semalam dia bab lalu tdi pagi dia mengeluh sakit pada perutnya dan mencret..saya beri minum keluar lagi (muntah) dan setelah saya biarkan dia tidur lalu saya beri makan bubur dgn banyak minum tidak ada muntah lagi..tetapi badannya tampak lemas padahal dia makan lumayan banyak. Yang saya khawatirkan di sering mengeluh sakit perutnya itu kira2 kenapa ya?

    Hai, Sakit perut yang disertai dengan BAB cair dan muntah pada anak kemungkinan merupakan suatu gejala Gastroenteritis, yaitu kondisi peradangan lambung dan usus. Demam dapat menunjukkan adanya suatu proses infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Gastroenteritis umumnya disebabkan oleh infeksi virus, namun pada kasus tertentu dapat disebabkan oleh infeksi bakteri (ditandai dengan tinja yang bercampur dengan darah dan lendir). Penanganan Gastroenteritis meliputi pemberian cairan yang adekuat (melalui minuman maupun infus) dan pemberian antibiotik bila disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun demikian, sakit perut pada anak dapat pula disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab yang lain seperti:

    Sedangkan demam pada anak dapat pula disebabkan oleh: Mengingat keluhan sudah berlangsung cukup lama sebaiknya Anda memeriksakan anak Anda ke Dokter untuk memastikan penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai kondisi anak Anda dan menganjurkan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti tes darah, tes tinja, dan lainnya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Beberapa anjuran yang dapat dilakukan:
    • Berikan minum pada anak Anda setiap kali mengalami diare atau muntah. Anda dapat memberikan larutan oralit, air putih, maupun teh encer yang diberikan secara perlahan-lahan
    • Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak
    • Berikan makanan pada anak dalam porsi yang kecil-kecil namun sering
    • Roti kering dan biskuit dapat diberikan sebagai selingan di antara waktu makan
    • Hindari makanan yang asam, pedas, berlemak, atau makanan yang mengandung tomat
    • Bila anak demam kompres dengan air hangat akan dapat membantu menurunkan demam. Letakkan kompres pada dahi, lipat ketiak dan lipat paha
    Berikut laman artikel yang dapat berguna bagi Anda: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman