Tanya Dokter

  • demam dan sakit perut yang luar biasa saat menjelang haid

  • hai dok. saya mau konsultasi. jadi saya ini pertama menstruasi itu saat umur saya 13thn,yg saya alami saat pertama menstruasi itu panas tinggi trombosit turun,dll sampai cek darah. dan dikira ibu saya itu adalah gelaja DBD. sampai umur saya yang sekarang kadang kadang saat menjelang haid terjadi gejala yang sama. panas tinggi dan perut yang benar benar sakit tapi terasa tidak seperti mau haid. sakitnya itu ditengah tengah perut saya seperti ditusuk rasanya. namun gejala ini tidak setiap bulan terjadi, kadang hanya 2 bulan sekali 3 bulan sekali. dan setiap kali terjadi gejala ini saya kira saya memang sedang menjelang sakit,tidak kepikiran kalau mau haid. dan juga jangka waktu haid saya selalu sebentar. paling lama 4 hari. gimana ya dok? apa ini berbahaya? atau ada sebab akibatnya makanya terjadi seperti ini? tolong dijawab ya dok. terimakasih banyak..

    Hello, Nyeri haid sebenarnya dirasakan oleh hamper sebagian wanita, namun derajat nyerinya berbeda antar satu dengan lainnya. Penyebabnya adalah terjadinya pelepasan senyawa kimia karena rahim melakukan kontraksi selama haid yang dapat menyebabkan nyeri, mual, muntah, sakit kepala, dan lainnya. Nyeri yang berlebihan biasanya terjadi bila terdapat sesuatu dalam organ reproduksinya, antara lain :

    1. Endometriosis (http://www.alodokter.com/endometriosis/)
    2. Adenomiosis
    3. Penyakit radang panggul
    4. Tumor
    5. Penyempitan mulut rahim
    6. dan lainnya
    Nyeri haid biasanya lebih banyak dirasakan pada wanita yang :
    1. Kelebihan berat badan
    2. Belum pernah hamil
    3. Mengkonsumsi rokok
    4. Mengkonsumsi alcohol
    Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebab nyeri haid yang berkepanjangan dan berat tersebut. Terutama jika disertai dengan keluhan seperti demam. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Karena setiap penyakit memiliki pengobatan yang berbeda-beda. Berikut adalah laman yang membahas lebih detail mengenai nyeri haid yang tidak tertahankan : http://www.alodokter.com/penyebab-nyeri-haid-yang-tidak-tertahankan Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean  

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.