Tanya Dokter

  • Demam di malam hari

  • malam dok,sudah 4 hari sy mengalami demam tapi hanya di malam hari saja, terus sy merasa sakit kepala yang hebat, perut sya juga terkadang nyeri dok dan selama sakit saya blm pernah bab, sy kenapa ya dok?

    Halo Afifah.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika kita fokuskan kepada demam yang Anda alami atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai Febris, maka hal ini paling sering disebabkan oleh karena daya tahan tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap mikrorganisme yang masuk ke dalam tubuh seperti virus, bakteri, jamur, parasit.

    Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya lebih dari 37,5 ° Celcius. Demam sendiri biasanya disertai dengan gejala : sakit kepala, gangguan pencernaan, batuk, bersin, mual, muntah, nyeri otot, pusing, pegal linu, tidak nafsu makan, tubuh terasa sangat lelah.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu timbulnya demam, diantaranya adalah : peradangan pada tenggorokan, demam tifoid, Peradangan pada Amandel, demam berdarah, infeksi saluran pencernaan, malaria, infeksi saluran kemih, dehidrasi.

    Pada dasarnya demam yang terjadi lebih dari tiga hari haruslah diketahui lebih lanjut penyebab pastinya agar dapat ditangani dengan tepat. Oleh karena itu, jika demam masih saja terjadi sampai saat ini, maka segeralah menemui dokter atau mengunjungi rumah sakit.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    DEMAM

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati