Tanya Dokter

  • demam diikuti dengan bentol berair

  •  Yun
    Anggota

    Dok, sy punya keluhan.. Umur sy 18 dok. Demam sy udah dr 2 hr yg lalu dok.. Ini masih tp ini malah badan sy tambah ada bentol-bentolny dok dan berair bentolnya. Ini termasuk cacar air ato apa ya dok? Terimakasih:)

    Yun  Yun
    Anggota

    Setelah sy search di google ternyata beneran cacar air dok. Tapi kata ibu sy dulu waktu masih balita sudah pernah cacar air kok sekarang bisa kena lagi ya dok? Biasanya kalo udah pernah kena cacar air sekali, tubuh jadi kebal terhadap cacar air. Kenapa ya dok?

    Dear Yun, Demam diikuti bentol-bentol berisi air sangat mungkin merupakan cacar air. Bentol-bentol tersebut berwarna merah dan terasa gatal, kemudian mengering dan menjadi koreng dalam waktu seminggu sampai dua minggu. Cacar air ini disebabkan oleh virus Varicella-zoster. Penanganan cacar air dengan memberikan obat parasetamol untuk menurunkan demam dan lotion kalamin untuk mengurangi rasa gatal. Obat antivirus bisa juga diberikan jika cacar air baru muncul. Jangan menggaruk kulit yang terasa gatal karena bisa menimbulkan infeksi sekunder oleh bakteri yang dapat memperparah kondisi kulit. Seseorang yang pernah terkena cacar air bisa saja terkena kembali jika kondisi daya tahan tubuh rendah atau infeksi yang pertama sangat ringan. Sebagian besar orang yang pernah mengalami cacar air memang tidak akan mengalaminya untuk kedua kalinya. Namun pada beberapa orang, virus Varicella-zoster akan bersembunyi dan tertidur di dalam saraf dan bisa teraktivasi kembali menjadi penyakit yang disebut herpes zoster. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya