Tanya Dokter

  • Demam disertai ruam pada belakang badan

  •  Faris Boris
    Anggota
    Hai doc. Sedikit pertayaan sejak beberapa hari lalu. Saya mengalami demam panas seperti biasa dan ketika saya berkerja malam saya merasakan pepijat menggigit belakang saya dan saya garu kemudian ia bermula bintik dibelakang badan dan pagi tadi saya mempunyai bengkak dibelakang telinga kanan. Apa yg saya mengalami demam sejuk dimalam hari serta letih, gatal bahagian bump.. perut berangin.. swollen lump terasa sakit waktu malam (mungkin sebab ubat demam), batuk (sudah lama sebab saya seorang perokok). Otot terasa lenguh tapi tidak terlalu teruk(saya tidak tahu macam mana mau described).. apa yg saya tidak alami is cirit-birit,muntah,sakit tekak,loya dan pandangan kabur. Umur saya 25tahun sekiranya cacar air boleh ke berlaku kali kedua. Harap dapat balas maklum dari Doc. Amat membingungkan P/s bintik sudah bermula dia dada hidung ketiak leher kaki dan tangan hanya sedikit.. adakah menunjuk simptom lain.

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Kemungkinan keluhan yang anda alami disebabkan karena Infeksi virus.

    Infeksi virus yang dimaksud yaitu :

    -Varicella zoster/Cacar air: disebabkan infeksi virus varicella zoster. Gejala berupa demam, nyeri otot, timbul bintik berisi air maupun lepuhan kulit , seringkali terasa gatal

    -Herpes zoster/cacar api : juga disebabkan infeksi virus varicella zoster (virus yang sama dengan penyebab cacar air) yang terjadi pada saraf dan kulit seseorang. 

     Gejalanya demam, bintil kulit berisi air yang timbul berkekompok di salah satu bagian tubuh sesuai persarafan , menimbulkan rasa nyeri dan sensasi seperti panas/terbakar. Penyakit ini merupakan penyakit menular yang dapat dialami siapa saja. Virus herpes umumnya menyerang seseorang yang kondisi imunitas tubuhnya sedang menurun, oleh sebab itu usia lansia (>50 tahun) dan pengidap HIV/AIDS lebih rentan tertular penyakit ini dikarenakan kondisi imun mereka kurang baik.

    -Hand foot mouth disease : disebabkan virus coxsackie. Memiliki gejala demam dan timbul ruam disertai bintik kemerahan di kulit

    dan lain sebagainya 

     

    Sebaiknya anda kembali memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih maksimal. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan langsung terhadap anda untuk mengetahui penyebab keluhan yang anda rasakan dan mungkin akan menyarankan anda untuk melakukan pemeriksaan darah serta pemeriksaan lainnya untuk menunjang diagnosis. Dokter akan memberikan penanganan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan, kemungkinan berupa antivirus dan obat untuk menghilangkan rasa nyeri.

     

    Hal yang sebaiknya anda lakukan dirumah :

    -Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Perbanyak sayur dan buah.

    -Mengkonsumsi multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

    -Beristirahat minimal 6 jam setiap malam

    -Minum air putih minimal 3liter/hari

    -Hindari menyentuh atau menggaruk daerah yang nyeri

    -Hindari penggunaan alat mandi bersama-sama karena beresiko menularkan virus

    -Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas misalnya paracetamol atau ibuprofen

    -Hindari kontak dengan ibu hamil karena dapat beresiko menular dan menimbulkan kecacatan pada janin.

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia