Tanya Dokter

  • Demam pada bayi di pagi hari

  •  Nuthfatin
    Anggota

    sore dok,

    saya mempunyai anak umur 5 bln berat badan 6.7 kg, kemarin tgl 21 mei 2015 jm 10.30 panas dengan tensi 38 langsung dikasih sanmol trz panasnya turun jadi 37 tetapi sore hari panas lagi menjadi 39 langsung saya bawa kedokter dikasih obat tetapi panasnya tidak turun akhirnya jm 22.30 saya bawa lagi ke bidan yang kebetulan teman saya, disana di tensi panasnya 38 akhirnya dikasih obat dari dubur & dikasih puyer alhamdulilah panasnya langsung turun, tetapi besok nya suhu badan nya masih anget trz sampai tgl 24 mei saya cek darah & hasil darah nya bagus semua, yang saya tanyakan dok kenapa anget badannya tidak kunjung turun? dan kenapa setiap pagi sampai sekarang badannya masih suka panas? tensi antara 37.3, kadang sampai 38 dan panasnya itu hanya 2-3 jam saja, anaknya aktif,lincah & minum susu banyak, anak saya dari lahir minumnya susu formula. saya takut anak kenapa2 dok karena anak pertama dan saya juga kerja.

    saya tunggu jawabannya segera ya dok.

    terima kasih

    Nuthfatin

    Hai, Demam merupakan kondisi peningkatan suhu tubuh di atas 37.5 derajat celcius. Beberapa hal yang dapat menyebabkan demam pada anak, yaitu:

    • setelah vaksinasi
    • infeksi saluran pernapasan, radang tenggorokan
    • tumbuh gigi baru pada anak
    • infeksi saluran kemih
    • diare
    Kondisi tubuh kekurangan cairan dan terpapar sinar matahari yang terik juga dapat meningkatkan suhu tubuh. Pastikan suhu ruangan cukup baik, tidak terlalu panas atau dingin. Cobalah untuk melakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer yang benar, bukan hanya dengan perabaan tangan. Jika keluhan masih berlanjut, disarankan agar anak Anda periksa kembali ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya serta tes penunjang seperti tes darah, atau sinar X, dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga dapat diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebab dasarnya.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto