Tanya Dokter

  • Penyebab demam, pusing, mual dan pegal-pegal

  • Selamat siang dok, saya ingin bertanya. Saya tiba" merasa pusing, meriang, mual, badan pegal-pegal khususnya pergelangan tangan, kaki dan pinggang. Gejala tersebut muncul sejak Rabu pagi kemarin, barusan saya berobat ke puskesmas dan tensi normal jadi didiagnosis lambung. Setelah saya minum obat yg diberikan ternyata pegalnya tidak berkurang. Apakah benar itu gejala lambung atau ada kemungkinan demam berdarah?

    Hai Dzikri Fajar Eltsani. Terima kasih atas pertanyaan anda.

    Keluhan berupa pusing, meriang, mual, badan pegal-pegal dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:

    Gejala yang anda alami mungkin disertai dengan nyeri pada lambung dan ulu hati sehingga mungkin disertai dengan gejala lambung. Sedangkan untuk gejala lain yang anda sebutkan tersebut bayak kemungkinan penyebab apalagi gejala baru berlangsung 1 hari sehingga masih terlalu banyak kemungkinan penyebab dmana pemeriksaan darah pun belum efektif untuk dilakukan. Untuk saat ini cobalah konsumsi obat dari dokter yang telah diberikan karena dkter yang memeriksa anda tentu lebih mengetahui kondisi anda secara keseluruhan karena sudah menanyai dan memeriksa anda. Selain obat dri dokter cobalah untuk membantu pengobatan dengan :

    • Cukup istirahat
    • Perbanyak minum air putih
    • Makan-makanan bergizi seimbang
    • Olahraga ringan teratur

    Bila dalam 3 hari tidak ada perbaikan atau justru bertambah misal disertai muntah atau diare atau BAB hitamatau mimisan dll, cobalah untuk memeriksakan diri kembali kedokter, dokter akan memeriksa anda dan jiika diperlukan akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah sesuai indikasi dan memberikan anda terapi sesuai kondisi dan penyebab keluhan anda.

    Semoga bermanfaat.

    Salam, dr.Dian