Tanya Dokter

  • suhu tubuh anak turun drastis setelah diberi obat demam

  • anak saya usia 5 th, mengalami demam tinggi, setelah diberi obat demam suhu tubuhnya turun drastis menjadi 34.1. normal/ bahayakah dokter? thanx

    Hai,   Normalnya suhu tubuh seseorang adalah berkisar 36,5-37,5 untuk bisa dikatakan sehat dan tidak mengeluh apapun. Jika kondisi suhu tubuh terlalu turun (<36,5) maka tubuh bisa mengalami hipotermia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika kondisi ini terjadi Anda bisa melakukan beberapa langkah yaitu :

    1. Ukur dan pastikan suhu tubuh anak Anda akurat dengan termometer
    2. Selimuti tubuh anak Anda
    3. Pelukan tubuh bagus untuk membuat tubuh terasa hangat dan menaikkan suhu tubuh.
    4. beri minum air hangat.
    5. stop pemberian obat
    6. bawa ke dokter jika anak menggigil kedinginan
    Kondisi yang terjadi pasca pemberian obat harus diperhatikan, apakah dosis sesuai dengan berat anak, apakah cara pemberian sudah tepat, dll. Tanyakan dengan dokter yang merawat anak Anda mengenai kondisi ini. Semoga membantu.   dr. Yusi