Tanya Dokter

  • Penyebab anak meninggal dunia setelah demam disertai diare

  • Dok, adik saya umur 7 bulan dgn bb 7,8kg pada hari sabtu 4 nov 2017 demam tinggi 39°c dan mencret terus bahkan hanya beberapa menit saja keluar feses yang air kuning..lalu adik saya dibawa ke dokter dan diberi obat berupa zinc 20mg dgn dosis 1tablet 1x, obat racikan untuk radang dgn dosis 1 perkamen 3x, sirup demam dengan dosis 1 sendok obat 3x, dan L-bio untuk usus 1 sachet 2x..pada saat itu saya memberikan obat itubersamaan dan 3 jam kemudian adik saya sesak nafas hingga pukul 11 malam adik saya dilarikan ke rs dan dokter rs bilang adik saya harus di icu dan selang beberapa jam kemudian adik saya meninggal dunia. Apakah yang terjadi pada adik saya dok? Apakah obatnya terlalu keras untuk bayi?

    Dear Ayu,

    Kemungkinan penyebabnya bukan dari obat yang diminum melainkan adik Anda memang menderita penyakit yang bisa mengancam jiwa. Sebaiknya Anda menanyakan penyakit yang mengancam jiwa tersebut kepada dokter yang memeriksa terakhir kali. Di situ diberikan keterangan penyebab kematian pasien.

    Dehidrasi yang berat dapat mengancam jiwa bayi jika tidak ditangani dengan baik. Diare yang hebat bisa menimbulkan komplikasi ini. Gejala sesak akan bayi rasakan bila dehidrasi sudah sangat berat.

    Keterangan lebih lanjut dapat Anda tanyakan kepada dokter yang terakhir memeriksa adik Anda.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Rony W.