Tanya Dokter

  • Demam tinggi pada bayi

  • Dok, adik saya umur 7 bulan dgn bb 7,8kg pada hari sabtu 4 nov 2017 demam tinggi 39°c dan mencret terus bahkan hanya beberapa menit saja keluar feses yang air kuning..lalu adik saya dibawa ke dokter dan diberi obat berupa zinc 20mg dgn dosis 1tablet 1x, obat racikan untuk radang dgn dosis 1 perkamen 3x, sirup demam dengan dosis 1 sendok obat 3x, dan L-bio untuk usus 1 sachet 2x..pada saat itu saya memberikan obat itu bersamaan dan 3 jam kemudian adik saya sesak nafas hingga pukul 11 malam adik saya dilarikan ke rs dan dokter rs bilang adik saya harus di icu dan selang beberapa jam kemudian adik saya meninggal dunia. Apakah yang terjadi pada adik saya dok? Apakah obatnya terlalu keras untuk bayi?

    Hai Ayu.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Demam tinggi pada anak umunya disebabkan karena adanya infeksi. Infeksi dapat berasal dari saluran pernafasan, saluran pencernaa, saluran kencing, infeksi selaput otak (meningitis), infeksi telinga, dll. Pada keadaan adik anda demam disertai dengan diare maka dokter memberikan zink yang baik untuk anak diare serta mencegah terulangnya diare, L bio yang merupakan probiotik baik untuk anak diare dan dapat menjaga kesehatan saluran cerna, obat penurun panas yang umunya obat- obat yang diberikan ini masih tergolong obat- obat yang aman dan diberikan sesuai indikasi. Untuk obat racikan sayangnya tidak ada informasi apa saja isinya. Umumnya obat yang diberikan dokter telah sesuai dosisnya, sesuai dengan penyakit pasien, dan sudah dijelaskan cara penggunaannya. Yang ditakutkan ialah bila ada kandungan dalam obat tersebut yang adik anda alergi terhadapnya. 

    Demam yang tinggi pada anak bila tidak turun juga dapat mengakibatkan kejang, selain itu adanya diare dapat mengakibatkan adanya gangguan elektrolit dalam tubuh tubuh, atau adanya infeksi lain yang tidak diketahui. Bila anda masih ingin tahu mengenai keadaan yang terjadi pada adik anda maka anda dapat menanyakan kembali pada dokter yang merawat adik anda.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti