Tanya Dokter

  • Penyebab demam tinggi saat sore dan malam

  •  crystabelle
    Anggota
    saya 28tahun dan menyusui bayi umur 6bulan, saya mau tanya dok dri 2 hari ini tenggorokan saya sakit ketika dilihat memang kemerahan dan saya demam tinggi juga, tetapi demamnya hanya saat sore dan malam saja, ketika minum parasetamol demamnya hilang tpy begitu efek parasetamol habis demamnya kembali lagi, apakah saya perlu cek darah untuk memastikan demamnya dok? terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com
    Demam adalah suatu keadaan dimana suhu tubuh lebih dari 37.5 derajat celsius dengan pengukuran menggunakan termometer. Demam merupakan salah satu reaksi tubuh ketika  sistem kekebalan tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Berbagai keluhan lain dapat menyertai demam seperti sakit kepala, nyeri sendi, mual, pusing, nyeri perut. Berbagai faktor dapat menyebabkan keluhan ini, diantaranya :
    • Infeksi bakteri atau virus seperti demam tifoid, demam berdarah dengue, malaria, influenza, radang tengggorokan, gastroenteritis dan sebagainya
    • Dehidrasi

    Penyebab nyeri tenggorokan yang paling sering adalah radang tenggorokan. Namun, selain itu, nyeri pada tenggorokan juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lain seperti :
    • Radang pada laring / laringitis
    Penyakit asam lambung
    Radang pada amandel
    • Infeksi difteri
    • Esofagitis
    • Kanker esofagus
    • dll

    Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda, perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan. Oleh karena itu saya sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi langsung dengan dokter. Dokter akan menanyakan keluhan yang Anda alami, melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti tes darah. Setelah mengetahui penyebab pasti keluhan Anda, maka pengobatan yang tepat dapat diberikan.

    Beberapa saran yang dapat Anda lakukan adalah:
    - Tingkatkan konsumsi air putih
    - Perbanyak konsumsi buah dan sayur
    - Hindari makanan yang berlemak, pedas dan di goreng
    - Minum air hangat dengan campuran perasan lemon dan madu
    - Berkumur dengan obat kumur antiseptik atau dengan air garam 2x sehari
    - Istirahat yang cukup
    - Hindari tempat yang rentan terkena alergen seperti debu, asap, dll
    - Hindari merokok
    - Minum obat pereda demam dan nyeri seperti parasetamol

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu.
    Salam, dr.Sylvia