Tanya Dokter

  • Demam,mata minus pada penderita meniere dan vertigo

  •  Ningsih
    Anggota

    Selamat siang dokter. .Saya penderita meniere dan vertigo . . Telinga sebelah kanan berdengung terus kemudian 5 hari terakhir ini demam ,kepala pusing ,mual dan mata sebelah kiri minus 3,5 .Yang ingin saya tanyakan apakah bunyi dengung ditelinga sebelah kanan yang terus menerus itu berbahaya selanjutnya mata minus dan demam yang saya alami ini ada kaitannya dengan vertigo ?

    Ningsih  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Penyakit meniere adalah suatu kelainan pada telinga dalam yang disebut juga dengan nama hidrops endolimfa. Pada penyakit ini intinya terjadi peningkatan tekanan hidrolik pada sistem endolimfatik di rumah siput telinga dalam yang pada akhirnya menyebabkan sekelompok gejala :

    • Kurang pendengaran
    • Sensasi berputar / vertigo
    • tinnitus / telinga berdeging
    • rasa penuh di telinga
    Mata minus dan demam bukan merupakan bagian dari penyakit meniere. Mereka adalah kondisi yang terpisah. Bunyi berdengung merupakan bagian dari gejala meniere. Penyakit ini tidak berbahaya dalam konteks hingga menyebabkan kematian. Tetapi, penyakit ini bersifat rekuren / dapat kambuh, serta berpotensi menimbulkan gangguan pendengaran yang permanen serta masalah psikologik yang dapat ditimbulkannya seperti stress, kecemasan dan depresi. Sebaiknya anda rutin kontrol ke dokter, khususnya spesialis THT dan saraf/neurolog untuk penanganan masalah ini. berikut tautan yang dpaat anda baca untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit meniere : Pengobatan vertigo  diskusi mengenai penyakit meniere demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. dr. Rico N