Tanya Dokter

  • Penyebab berat badan menurun pada penderita demam rematik

  •  Kevin Tobing
    Anggota
    Dok anak saya sakit deman rematik akut dan penyakit jantung rematik,dokter kevin baru 5 hari di suntik benzatine peniccilin dan sekarang berat badan nya turun. Apa ada pengaruh dgn suntik benzatine penicciline? Krana sebelum di suntik badan nya sehat padahal makan seperti biasa

    Hi kevin,

    Seperti yang di ketahui penyakit demam reumatik akut adalah demam rematik yang sering disebabkan oleh bakteri streptokokus. Biasanya pada anak-anak bakteri ini sering terdapat pada daerah tenggorokan. Oleh karena itu gejala awalnya biasanya radang tenggorokan. Penyakit demam reumatik akut dapat menyebabkan terjadi penyakit jantung reumatik dikarenakan bakteri (streptococcus) yang masih hidup  aliran darah dapat menyerang jantung ( penyakit jantung reumatik).

    Penyakit Demam Reumatik diobati dengan pemberian Antibiotik untuk membunuh bakteri penyebabnya. Obat yang biasanya digunakan adalah suntik benzatine penicciline. Adapun Efek Samping yang bisa terjadi :

    1. Diare
    2. Sakit Kepala
    3. Gatal
    4. Mual
    5. Muntah
    6. Alergi
    7. Anemia
    8. Sesak 
    9. Nyeri Sendi 
    10. Pingsan
    11. Pembengkakan Di sekitar wajah
    12. Darah di Feses

    Tidak terdapat efek samping tentang penurunan berat badan pada penggunaan obat penisilin secara langsung. Namun Salah satu efek samping dari suntik penisilin adalah mual sehingga mengakibatkan nafsu makan dari anak menurun hingga memungkinkan terjadi penurunan berat badan. 

    Apabila terdapat efek samping berlebihan sebaiknya segera konsultasikan secara langsung dengan dokter. Mungkin akan dilakukan pemeriksaan darah, kultur darah atau tenggorokan jika diperlukan.

    Berikut Informasi tambahan mengenai penisilin

    Semoga bermanfaat , Salam dr Cellen