Tanya Dokter

  • prognosis untuk demensia vaskular

  •  alisha
    Anggota

    mlm dok, saya mau nanya tentang prognosis ke depannya kemampuan kognitif ayah saya pasca stroke sangat menurun umur beliau 62 tahun, apakah dg pengobatan dan rehabilitasi dpt memulihkan kembali kemampuan kognitif beliau walaupun tidak 100 % ?

    Hai,   Demensia vaskuler merupakan penyakit yang disebabkan penurunan suply oksigen(darah) ke bagian otak. Kerusakan yang terjadi pasca terjadinya demensia tidak bisa dikembalikan / disembuhkan namun dengan penatalaksaan yang baik dan pengenalan penyebab terjadinya demensia tipe ini maka kerusakan lanjut bisa dicegah sehingga gejala tidak bertambah buruk. Faktor resiko terjadinya demensia vaskuler adalah :

    1. Hipertensi
    2. Diabetes
    3. Kolesterol
    4. Usia tua
    5. Penyakit jantung
    6. Merokok
    7. Minum alkohol
    8. Dll
    Faktor pencegahan memegang peranan penting dalam mencegah dan mengontrol penyakit ini. Pengobatan dan rehabilitasi diperlukan untuk mencegah kerusakan otak lanjutan sehingga kondisi gejala penderita tidak semakin buruk dan bisa hidup dengan bantuan seminimal mungkin. Pada beberapa kasus akan nampak perbaikan pada kondisi gejala, pada tahap ini pencegahan terjadinya stroke lanjutan akan sangat berperan penting dalam menjaga kondisi otak pasien. Jika serangan stroke terjadi kembali maka kerusakan otak akan bertambah dan diikuti dengan penurunan fungsi kognitif dan fungsi lain.   Semoga membantu.   Dr. Yusi