Tanya Dokter

  • Perut seperti berdenyut hilang dan timbul kembali

  • Dokter saya mau bertaxa sblumxa dok knapa ya dalam perut tu kyak ada detak jantung kadang trasa sakit bentar bntar ilang kiraxa apa ya dok,kdang bawah perut sakit dok

    Halo......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan berupa terdapat rasa dunia pada perut, kemungkinan merupakan denyut dari pembuluh darah besar di perut yang dalam dunia medis disebut sebagai aorta abdominal. Pembuluh darah tersebut dapat berdenyut sesuai dengan denyutan jantung. Hal ini merupakan sesuatu yang normal, apalagi pada orang yang bertubuh kurus.

    Sedangkan rasa sakit perut bagian bawah, dapat disebabkan terkait gangguan kesehatan organ reproduksi, seperti : penyakit radang panggul, kista ovarium, endometriosis, Tumor yang terdapat di rahim, gangguan pada serviks seperti infeksi/ radang/ kanker, kanker rahim, radang saluran Tuba atau Salpingitis.

    Akan tetapi selain oleh karena penyebabnya dari organ reproduksi, rasa sakit pada perut bagian bawah juga dapat disebabkan oleh : gangguan usus, Peradangan pada kandung kemih, infeksi ginjal, infeksi saluran kemih, batu ginjal, penyakit menular seksual, peradangan pada usus buntu, dan lain sebagainya.

    Jika semua kondisi yang Anda alami semakin memburuk, maka kami menyarankan untuk segera menemui dokter, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Salam,

    @dr.jati