Tanya Dokter

  • Dampak denyut nadi melambat saat hamil

  •  Mhee Elmhee
    Anggota
    Selamat Siang dokter. Saya sedang hamil trimester pertama,kata bidan denyut nadi saya lambat di bawah 50 tepatnya 47, yg saya tanyakan apa bahayanya jika denyut nadi di bawah normal dan apakah ada dampaknya terhadap janin saya,Tetapi kondisi saya sendiri selalu baik" saja. Mohon infonya,terimakasih.

    Hai Mhee Elmhee. Pada kondisi kehamilan, biasanya akan terjadi peningkatan volume darah dimana secara umum tujuannya adalah memenuhi kebutuhan darah anda dan janin. Biasanya yang terjadi adalah penurunan hemoglobin (zat warna merah darah) yang normal menjadi sekitar 10-10,5 g/dL. Namun, pada denyut jantung, yang seharusnya terjadi adalah terjadi sedikit peningkatan denyut jantung yang masih dalam batas normal dimana nilai normal denyut jantung sendiri berkisar 60-100x/menit. 

    Kondisi denyut nadi yang lemah pada anda, beresiko menyebabkan aliran darah yang kurang pada janin. Akibatnya, dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin dimana janin cenderung kecil, kelahiran prematur, bahkan keguguran atau kematian janin. 

    Mencari penyebab yang mendasari seperti adanya konsumsi obat tertentu seperti beta blocker, preeklamsia, hipertensi dalam kehamilan dapat membantu dalam mengatasi hal ini. Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami untuk informasi dan penanganan lebih lanjut. Mengingat kondisi detak jantung anda sampai mencapai dibawah 50, maka segeralah konsultasi dengan dokter anda. Hindari aktivitas berat, perbanyak minum air putih, istirahat cukup, dan konsumsi makanan gizi seimbang. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa