Tanya Dokter

  • penyebab dan mengatasi gangguan tidur

  • Halo dok , aku perempuan umur 20taun, kuliah sambil kerja , mau nanya . Udah sebulan jalan dua bulan , aku gapernah bisa tidur . Setiap malem pasti jadinya overnight thinking . Pikiran ini tuh selalu muncul jam 1 malem lebih , aku ngerasa semua masalah hidup aku terus muter dan ga berenti2 . Tapi kalo pagi siang sore , aku ga ngerasa punya beban . Makan normal , aktivitas ga ke ganggu . Sampe malem ini , aku cape banget , otak aku cape . Aku pengen tidur . Tapi gapernah bisa , aku pengen istirahat . Apa yg harus aku lakuin? Dan apakah ini gejala depresi?

    Hallo

    Terimakasih sudah bertanya pada alodokter

    Gejala yang Anda alami dapat menjadi gejala dari insomnia. Insomnia adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan tidur atau tidak mampu tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski ia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Kondisi ini ditandai dengan gejala sulit tidur, terbangun di malam hari atau dini hari, dan merasa tidak fit dalam melakukan aktivitas keesokan harinya. Insomnia bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk gangguan kejiwaan. Beberapa hal yang dapat menyebabkan insomnia di antaranya:

    ·         Gangguan kejiwaan (masalah psikologis), seperti stres, depresi, cemas, atau gangguan mental (skizofrenia, bipolar)

    ·         Gangguan medis, seperti asma, hipertiroidisme, penyakit jantung, Parkinson, Alzheimer, radang sendi

    ·         Pola hidup, seperti kebiasaan tidur yang tidak teratur, jet lag, kekenyangan, merokok, konsumsi kafein dan alkohol

    ·         Faktor lingkungan, seperti suhu yang terlalu dingin atau panas, bising, silau, dsb

    Apabila keluhan sangat mengganggu aktivitas Anda, Anda dapat berkonsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan. Beberapa tips berikut ini dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan Anda:

    ·         Jalani pola hidup sehat (makan, olahraga, dan istirahat secara teratur)

    ·         Hindari konsumsi makanan dalam porsi besar, makan menjelang waktu tidur, kafein, minuman beralkohol, dan nikotin

    ·         Lakukan hal-hal yang dapat membantu menimbulkan rasa kantuk (mandi, minum susu hangat)

    ·         Jika Anda masih belum mengantuk, lebih baik bangun dan melakukan kegiatan lainnya, jangan memaksakan diri untuk tidur

    ·         Buat kamar Anda terasa nyaman (jaga kebersihan, atur cahaya lampu, hidari dari bising)

    ·         Usahakan tidur dan bangun secara teratur di waktu yang sama di setiap harinya

    Semoga bermanfaat

     

    Salam, dr. Satya Sueningrat