Tanya Dokter

  • Gangguan psikologi apa yang saya alami?

  • dok.

    saya mau tanya kenapa saya mudah sekali menyiksa diri saya sendiri dengan pukulan pukulan saat saya sedang marah dengan hal yang sebenarnya dianggap sepele , saya mudah sekali marah.

    saya juga mudah putus asa , saya sering bersedih berlebih tanpa sebab.

    saya pun sering bergembira berlebihan juga,saya sebelumnya belum pernah ada cek ke psikiater atau dokter.

    apa yang sebenarnya saya alami ya dok , saya mengidap gangguan psikologis kah ??

    Positif thinking aja mbak,saya jg sama seperti anda ,jika anda muslim solat lebih baik buat menenangkan diri saya jg sering mncoba bunuh diri tp memang belum wktunya mati ga akan brhasil,masih ada allah masih ada orang2 sekitar yg kurang beruntung seperti anda,sllu coba buat brsukur,tawakal,saya hanya sekedar sharing2 syapa tau bermanfaat :)

    terima kasih ka syelfa . saya sebelumnya punya pengalaman probadi yang buat saya trauma hingga saat ini ka . saya merasa tertekan dari dulu saya kecil sampai sekarang saya masih merasa tekanan dalam batin saya . saya dari kecil sering memendam apa yang saya rasakan , marah , kesal , hingga sakit pun saya pendam . hingga sekarang saya seperti ini . saya bukan tipe orang yang dekat dengan keluarga , saya pun jarang punya teman yg bisa saya ajak sharing .  

    Nur Indah Komala Sari  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Halo Nur Indah dan Syelva, baik sekali masukan yang Anda berikan. Kondisi tersebut belum dapat dikatakan memiliki masalah psikologis, tentunya perlu penggalian lebih dalam dengan berbincang-bincang untuk menilai pola pikir dan isi pikir Anda. Hal terrsebut yang Anda ceritakan bisa juga merupakan kelabilan emosi, atau amarah yang tidak dapat disalurkan dengan baik. Amarah adalah hal yang lumrah yang pasti dimiliki dan terjadi pada setiap manusia. Bagaimana cara menyalurkan amarah yang baik yang perlu diketahui dan dilatih. Amarah yang disalurkan dengan tidak baik, entah itu dipendam atau disalurkan dengan menyiksa diri termasuk dalam penyaluran amarah yang tidak tepat. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada psikiater atau psikolog, berkonsultasi kepada ahli tersebut bukan berarti Anda memiliki masalah kejiwaan, karena konsultasi adalah proses konseling, berbincang-bincang, bertukar pikiran, meluapkan perasaan Anda terutama yang terpendam, membantu menemukan akar permsalahan dan penyebab kondisi Anda. Setelah diketahui permasalahnnya, maka psikiater atau psikolog akan membantu memfasilitasi diri Anda menemukan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah Anda. Tips yang dapat saya berikan adalah :

    • Segera meminta pertolongan kepada orang terdekat yang Anda percaya, jika timbul keinginan untuk melukai diri atau bahkan bunuh diri
    • Hindari waktu menyendiri, usahakan agar Anda tidak sendiri dan selalu bersama orang lain yang bisa diajak berbincang-bincang, sekedar untuk mengalihkan pikiran.
    • Ceritakan permasalahan dan perasaan Anda kepada orang atau sahabat terdekat.
    • Upayakan untuk menghilangkan segala pikiran negatif, setiap kali muncuk pikiran negatif jangan diikuti namun harus dilawan.
    • Setiap kali timbul keinginan untuk menyiksa diri, segera pergi ke tempat yang rami orang, sehingga akan mengurungkan niat tersebut.
    • Lakukan aktivitas yang Anda senangi atau gemari setiap kali timbul rasa sedih atau amarah, jangan biarkan diri Anda terlarut di dalamnya.
    • Lakukan aktivitas positif, seperti berolahraga, beribadah, mengikuti kegiatan-kegiatan/aktivitas sosial yang banyak mampu menyibukkan pikiran Anda
    Silahkan membaca artikel kesehatan berikut 'Ternyata Tidak Sulit mengatasi Stress' . Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.