Tanya Dokter

  • Penyebab sering merasa sedih dan tiba-tiba menangis

  •  Avriani DP
    Anggota
    Halo Dokter, saya remaja 19th. Saya sering merasa sedih dan tiba tiba menangis saat sendirian, apalagi di kamar. Jika sendirian tiba tiba saya teringat masa lalu kemudian tiba tiba menangis tetapi tdk lama kemudian saya bisa tertawa bahagia lagi. Di keramaian terkadang saya merasa badmood namun tiba tiba goodmood, tiba tiba badmood datang kembali. Dan saya sulit tidur. Terkadang saya merasa "saya ini sebenarnya siapa?". Apa itu normal dok? Memang masa lalu saya krng menyenangkan dan setiap ada mslh pasti teringat dgn masa lalu. Terimakasih dok..

    Hallo Avriani, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang terjadi minimal selama dua minggu atau lebih yang memengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati (mood) dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Orang dengan depresi biasanya akan merasa sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak punya motivasi untuk beraktivitas, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya menghibur, dan menyalahkan diri sendiri yang berlangsung selama berminggu - minggu hingga berbulan - bulan bahkan tahunan.

    Sedangkan keluhan yang anda alami mungkin dapat disebabkan oleh :

    • Gangguan psikologis berupa management stress yang kurang baik
    • Gangguan mood
    • Bipolar

    Diperlukan penggalian lebih mendalam lagi mengenai keluhan yang anda alami dan riwayat kesehatan anda lainnya, selain itu diperlukan juga pemeriksaan fisik secara langsung. Oleh karena itu sebaiknya periksakan diri anda ke dokter spesialis kesehatan kejiwaan atau psikiatri untuk dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut bagi keluhan yang anda rasakan.

    Jika memang anda sendiri pun merasa kurang baik dalam management stress, baiknya mintalah bantuan atau pertolongan orang lain dalam menghadapi permasalahan yang ada, sehingga saat masalah itu timbul anda tidak terlalu menjadikan hal tersebut sebagai beban yang dapat mengganggu kondisi psikologis anda.

    Semoga informasi ini bermanfaat :')

     - dr. Lia N. Amalina