Tanya Dokter

  • Mengatasi sakit kepala dan selalu menyendiri ketika kambuh

  •  mass fadhil
    Anggota

    Dok, saya laki2 umur 17 tahun. saya masih sekolah sma, saya sering mengalami sakit kepala secara tiba2 sejak diadakan latian suatu kegiatan setiap hari. karena saya tidak suka dengan sistem latihan setiap hari yang dibuat oleh ketua kelas sendiri. setelah kepala saya sakit, saya cenderung akan menyendiri ditempat yang sepi. bagaimana cara mengatasinya dok? tolong kasih solusinya

    Halo Sdr Mass Fadhil,   

    Terima kasih atas pertanyaanya,

     

    Sakit kepala yang dirasakan sangat umum terjadi. Banyak faktor yang dapat menyebabkan keluhan sakit kepala. Sebagian besar sakit kepala merupakan sakit kepala ringan dan dapat diatasi dengan meminum obat-obatan antinyeri yang ada di pasaran, dengan istirahat yang cukup ataupun dengan meminum air putih. Pada umumnya kondisi ini disebabkan adanya ketegangan pada otot kepala. Namun, tidak sedikit juga kondisi sakit kepala yang menandakan adanya kondisi medis yang lain dan berlangsung lama bahkan membahayakan nyawa. 

    Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh langsung kondisi otot kepala atau disekitar kepala disebut sakit kepala primer. Sedangkan sakit kepala yang disbebkan adanya kondisi medis di bagian tubuh lain disebut sebagai sakit kepala sekunder. 

    Beberapa kondisi sakit kepala primer yaitu: 

    1. Sakit kepala migraine

    2. Sakit kepala tegang

    3. Sakit kepala cluster.  Yaitu sakit kepala yang spesifik di bagian tertentu dan dapat berpindah-pindah. Hal ini terjadi akibat adanya nyeri menjalar atay nyeri alih dari bagian di sekitar kepala. 

    Sedangkan beberapa kondisi sakit kepala sekunder adalah sebagai berikut: 

    1. Adanya tumor 

    2. Penyakit pembuluh darah

    3. Flu, pilek atau sinusitis

    4. Adanya infeksi telinga 

    5. Adanya masalah pada gigi. 

    6. Adanya tekanan psikologis ataupun stres.

    Pada kasus Anda, jika sakit kepala yang Anda rasakan berkurang setelah Anda menyendiri. Kemungkinan besar yang terjadi adalah karena adanya tekanan psikis. Sebaiknya Anda bisa mengutarakan pendapat Anda jika memang kurang menyenangi adanya latihan. Dengan alasan medis akan muncul sakit kepala. Karena segala sesuatu sebaiknya dibicarakan dengan baik. Apabila punya masalah dalam diri dan tidak diutarakan, lambat laun hal ini akan mengganggu kesehatan Anda.  Untuk mengurangi keluhan nyeri, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengkonsumsi obat-obatan antinyeri seperti parasetamol, ibuprofen ataupun asam mefenamat. Namun, apabila sakit kepala yang Anda rasakan terus menerus dan tidak membaik dengan obat-obatan antinyeri. Sangat disarankan untuk konsultasi langsung dengan dokter Anda. Agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

    Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Tiwi