Tanya Dokter

  • Ruam pada kulit bayi

  •  Mona Fitria
    Anggota
    Dokter,anak saya umur 6 bulan di pipi nya terdaftar bulatan Merah kering seperti ruam di pinggir an lebih Merah lagi. Awal nya kata orang tua krn air susu tp tdk kunjung sembuh.. Di bidan blg nanti hlg sendiri. Sdh saya kasih hydrocortisone tp tdk ada perubahan.awal nya ada di dada kiri nya tp sdh sembuh krn saya ones kan acyclovir salep sedikit tp jadi nya bebekat putih.. Mohon diagnosa nya dokter. Terima kasih

    Halo Mona,

    Ruam pada kulit bayi dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh, dengan bentuk ruam yang hampir mirip namun dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Ruam yang muncul dapat berupa bintik, bentol hingga bercak kemerahan, disertai gatal yang cenderung membuat bayi rewel, dapat pada satu sisi tubuh ataupun menyebar ke seluruh tubuh.

    Beberapa jenis ruam dapat disebabkan oleh :

    Mengingat kulit bayi yang masih sangat sensitif dan rentan, sebaiknya Anda tidak memberikan sembarang obat, karena resiko efek samping obat yang akan muncul. Pada beberapa penyebab dapat bertambah munculnya ruam jika diberikan obat yang tidak sesuai.

    Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Dokter perlu menilai jenis ruam yang muncul dan diagnosis pasti sehingga obat topikal atau oles dapat diresepkan. Pastikan juga ruam yang muncul apakah bertambah lebar atau muncul di tempat lainnya. Gunakan obat sesuai instruksi dokter.

    semoga bermnafaat,

    dr. Tantya