Tanya Dokter

  • Deteksi Penyakit Tipes

  •  CicaYulinar
    Anggota
    Apakah ada cara deteksi pemyakit tipes selain dengan tes widal dann tes tubex? misalkan yg menggunakan detektor semacam biosensor? Terimakasih

    Halo CicaYulinar

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Demam tifoid (tifus) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan karena bakteri salmonella typhi yang terkontaminasi melalui makanan dan minuman. Seseorang yang terinfeksi Tifoid akan muncul gejala saat 1-3 Minggu setelah terinfeksi. Gejala yang timbul karena penyakit tifoid yaitu demam, sakit kepala, diare atau konstipasi dan sakit perut.

    Untuk mendiagnosa penyakit ini dapat ditegakkan melalui anamnesis dan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan widal dan tes tubex. Tetapi saat ini sudah jarang dilakukan pemeriksaan widal. Selain kedua pemeriksaan tersebut, untuk mendiagnosa penyakit ini  dapat juga dilakukan analisis sampel darah, tinja dan urine di laboratorium. 

    Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan biosensor dapat mendiagnosis demam tifoid dengan mendeteksi DNA bakteri salmonella typhi melalui sampel darah pasien yang terinfeksi salmonella typhi. Tetapi mendiagnosis demam tifoid dengan biosensor masih pada tahap penelitian belum diaplikasikan penggunaannya.

    Semoga bermanfaat, dr. Asri