Tanya Dokter

  • Di anus saya ada benjolan dan di kelilingin bintik-bintik

  •  Are Atikah
    Anggota

    Assalammualaikum . Saya atikah Dari malaysia , Berumur 20 tahun . . saya memgalami sakit yang sangat pedih ketika saya ingin membuang air di bahagian Anus saya . . Seperti ada benjolan . . Dan di sekliling anus saya ada timbul bintik² . . Saya sukar untuk berjalan dan duduk . . seolah- olah menaganggu aktiviti harian saya . apa ka penghidap penyakit wasir ?? apa yg perlu saya laku kan ???

    Are Atikah  Are Atikah
    Anggota

    Assalammualaikum . Saya atikah Dari malaysia , Berumur 20 tahun . . saya memgalami sakit yang sangat pedih ketika saya ingin membuang air besar di bahagian Anus saya . . Seperti ada benjolan . . Dan di sekliling anus saya juga ada timbul bintik² . . Saya sukar untuk berjalan dan duduk . . seolah- olah menganggu aktiviti harian saya . apa ka saya tergolong penghidap penyakit wasir ?? apa yg perlu saya laku kan ???

    Are Atikah  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Atikah, Untuk memastikan bahwa benjolan yang dimaksud adalah wasir/ hemoroid, maka diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter. Wasir merupakan pelebaran pembuluh darah balik (vena) pada bagian dubur. Wasir dapat dibedakan menjadi dua kelompok :

    1. wasir eksterna/ luar, biasanya nyeri, menyebabkan benjolan di lingkaran dubur
    2. wasir interna/ dalam, jarang menimbulkan nyeri, disertai buang air besar disertai darah yang menetes, benjolan muncul keluar ketika meneran saat BAB
    Pengobatan wasir juga disesuaikan dengan jenis dan derajat keparahan. Pada tahap awal, modifikasi gaya hidup dan obat-obatan dapat mengurangi keluhan. Namun, apabila wasir sering berulang dan benjolan tidak dapat dimasukkan kembali, maka dapat dianjurkan tindakan operasi. Beberapa anjuran yang dapat dilakukan di rumah untuk mengurangi/ mencegah wasir :
    • minum banyak air putih
    • konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah dan sayur
    • hindari menunda buang air besar
    • berolahraga secara teratur
    • hindari meneran terlalu kuat
    Demikian, semoga bermanfaat dr. Rico Novyanto