Tanya Dokter

  • Kulit jempol kaki mengelupas dan mengeluarkan nanah

  • Dok saya mau tanya.. Pertama bagia nkulit bawah di jembol kaki saya mengelupas lalu beberpa hari kemudian mengeluarkan cairan dan mengelurkan bau yang tdk sedap. Kenapa ya dok jempol kaki saya selalu seperti ini, kalau jempol kaki kanan saya udah sembuh beberapa bulan kemudian gantian di jempol kaki kiri. Pdhal saya tidak mersakan gatel
    Rina Tri Hastuti  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Rina, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Kondisi terkeluasnya kulit kaki dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti trauma mekanik yang berulang (berdiri terlalu lama dengan sepatu yang tidak nyaman, berlari / berjalan jauh dengan sepatu yang tidak nyaman -- baik ukuran terlalu kecil, alas tidak empuk, dsb.), iritasi pada kaki (karena penggunaan bahan kimia tertentu), infeksi (baik karena kuman, virus, jamur, dsb. -- mengingat daerah kaki sangat lembab jika menggunakan sepatu / kaus kaki jangka lama maka kemungkinan terjadinya infeksi akan lebih besar bila sudah terjadi luka), dan penyebab lainnya.

    Bila hanya melihat dari keterangan Anda, kami tidak dapat memastikan penyebabnya secara pasti, namun kondisi ini dapat saja mengarah pada adanya infeksi -- mengingat timbulnya cairan dan bau tidak sedap. Kami sarankan Anda menemui dokter, untuk dilakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut pada kondisi Anda saat ini. Sementara yang dapat Anda lakukan diantaranya :

    • Jaga kebersihan kaki dengan baik (selalu cuci kaki setelah menggunakan sepatu jangka lama)
    • Ganti kaus kaki secara teratur (gunakan kaus kaki lembut / tutup bagian luka dengan kasa untuk meminimalisir terbentuknya luka berulang)
    • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk Anda
    • Pada daerah yang mengeluarkan cairan cukup dibserihkan dengan air hangat dan sabun -- hindari mengelupas kulit, ataupun sisa kulit pada ibu jari kaki
    • Bersihkan sepatu dan kaus kaki Anda secara rutin
    • Gunakan krim pelembab untuk telapak kaki Anda agar tidak timbul kulit yang mengelupas ditempat yang berbeda

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo