Tanya Dokter

  • Diserang segerombolan anjing liar pada saat tracking

  • Halo dok, saya pemuda umur 26 tahun, tepatnya hari minggu tgl 30 agustus, saya tracking di air terjun kroya & aling2, di desa sambangan, singaraja, bali.

    Ketika melewati hutan, saya melewati 3 gerobolan anjing liar. Saya lewati , tanpa menggangu nya, seketika itu juga saya tiba2 di serang di kaki saya, pada pukul 2 siang.

    Menimbulkan luka gores 3-4cm, besoknya senin malam, saya langsung suntik vaksin rabies, sedikit kesalnya stok vaksin di daerah bali cukup sulit dicari, sehingga harus ke klinik international dengan banderol harga yg sangat tinggi.

    Sampai tanggal 6 september ( 1 minggu ) kemudian, luka sudah kering dan meninggalkan bekas memar saya. Dan saya tidak melanjutkan vaksin untuk ke. 2 dan 3 kalinya.

    Namun, yg terjadi kemudian adalah saya menjadi cepat lelah + ngantuk dan nafas tersengal-sengal.

    Beberapa teman mengatakan itu tanda gejala jantung.

    Pertanyaannya, apakah ini salah satu efek rabies atau gara2 saya cuman 1x vaksin dari 3x yg di anjurkan dok ?

    Hai Pada gigitan anjing liar dengan luka risiko tinggi selain diperlukan pemberian VAR (vaksinasi anti rabies) juga diberikan SAR (serum anti rabies). Yang dimaksud luka risiko tinggi antara lain: Luka yang lebar dan banyak, luka pada kepala, kelamin, tangan atau kaki. Sedangkan pada sedangkan pada luka gigitan risiko rendah seperti hanya luka lecet dan garukan bila anjing tidak dapat ditangkap atau lari maka hanya diberikan VAR. Alur lengkapnya dapat Anda lihat pada gambar berikut ini: Hal yang paling penting setelah digigit anjing adalah mencuci luka tersebut dengan sabun di air mengalir minimal selama 15 menit. Pemberian VAR diberikan sebanyak 4 dosis, yaitu 2 dosis setelah digigit dan masing-masing 1 dosis pada hari ke-7 dan ke-21 setelah digigit. Bila hanya 1 dosis diberikan tentu perlindungan terhadap pencegahan rabies kurang. Gejala yang Anda alami sangat sulit untuk menentukan penyebabnya dikarenakan tidak spesifik terhadap suatu penyakit tertentu. Sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter karena ditakutkan adanya gejala awal dari rabies. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Pengobatan Rabies. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william